Kesehatan
Kecantikan
Penyakit
Resep
Tips dan trick
Home » Kesehatan

Apa Itu Asam Folat ?

Submitted by on July 25, 2012 – 9:08 amNo Comment

Apa itu asam folat menurut anda? Secara umum, pengertian asam folat itu sendiri adalah vitamin yang sangat mudah larut pada air dan memiliki banyak peran untuk tubuh kita. Salah satu perannya yang paling menonjol adalah mengoptimalkan pertumbuhan serta perkembangan sel dalam tubuh. Para dokter dan ahli kesehatan sangat menganjurkan kepada ibu hamil untuk mengkonsumsi asam folat tersebut dalam takaran yang cukup. Hal ini untuk menghindari resiko kecacatan fisik bayi serta kerusakan sistem syarafnya.

Fungsi asam folat yang harus anda ketahui :
1. Memperbaiki serta metilasi DNA kita dan membantu pembentukan sel baru.
2. Mencegah cacat dan ketidaksempurnaan sistem syaraf pada bayi terlebih saat dalam kandungan.
3. Mencegah penyakit berbahaya seperti : kanker usus, serangan jantung, kanker serviks, stroke dan penyakit berbahaya lainnya.
4. Mencegah beberapa penyakit yang disebabkan kerena usia diantara : osteoporosis, nyeri otot atau nyeri syaraf, insomnia, depresi atau gangguan penuaan yang lain.
5. Merupakan salah satu jenis vitamin yang sering di gunakan sebagai terapi pada pengidap AIDS.

Siapa saja yang memerlukan asam folat ini?
Selama hidup kita, sebenarnya kita sangat membutuhkannya. Dengan adanya ketersediaan asam folat dalam tubuh akan membuat pembelahan atau pembentukan sel menjadi lebih sempurna dan optimal. Apalagi seorang ibu yang sedang dalam masa awal kehamilan, yang mana asam folat tersebut juga dapat membantu mengoptimalkan proses pembentukan tulang belakang pada janin. Selain ibu hamil, anak-anak, remaja dan lansia sangat membutuhkan vitamin ini.

apa itu asam folat

Apa bahaya jika tubuh kekurangan asam folat? Hal pertama tentu cacat fisik bagi bayi yang baru lahir. Bisa juga menyebabkan keguguran pada ibu hamil. Selain itu kita juga mudah terserang penyakit jantung dan kanker. Tahukah anda kebutuhan asam folat tubuh kita setiap harinya? Para ahli menganjurkan 500 mikrogram setiap harinya untuk usia 10 tahun keatas, sedangkan untuk ibu hamil, tentu membutuhkan asam folat dalam takaran yang lebih tinggi, yakni sekitar 700 mikrogram setiap harinya.

Apa saja makanan sumber asam folat ini? Asam folat dat ditemukan pada sayuran yang berwarna hijau, daging merah (tanpa lemak), buah-buahan terutama jeruk, kacang-kacangan dan biji-bijian. Cara pengolahannya pun juga berbeda, jika ingin mendapatkan kandungan asam folat secara utuh sebaiknya berbagai jenis makanan diatas tidak diolah dengan suhu yang tinggi. Itulah yang dapat kami terangkan tentang apa itu asam folat.

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.