Kesehatan
Kecantikan
Penyakit
Resep
Tips dan trick
Home » Kesehatan

BAGIAN OTAK DAN FUNGSINYA

Submitted by on June 27, 2012 – 12:00 amNo Comment

Bagian otak dan fungsinya – Pernahkah anda berfikir tentang apa saja isi dalam otak kita? Otak adalah pusat dari semua sistem syaraf pada tubuh kita jadi intinya semua sistem syaraf yang ada pada tubuh kita diatur oleh otak. Otak bertanggung jawab penuh atas semua fungsi badan dan pikiran. Otak memiliki banyak bagian yang bertugas menangani syaraf masing-masing. Berikut saya jelaskan bagian dari otak manusia.

Bagian otak dan fungsinya tersebut adalah :

  1. Cerebrum(otak besar). Bagian terbesar dalam otak manusia adalah bagian Cerebrum atau otak besar. Cerebrum disebut juga Cerebral Cortex atau Forebrain atau Otak Depan. Cerebrum inilah yang menyebabkan manusia bisa berfikir secara logis, memiliki kecerdasan intelektual, memiliki kemampuan visual, kemampuan berbahasa, kemampuan mengidentifikasi, dan kemampuan menganalisa. Cerebrum dibagi menjadi beberapa bagian (lobus), yakni lobus occipital, frontal, temporal, dan pariental.
    1. Lobus frontal yang menjadi alasan yang manusia bisa bergerak, menyelesaikan masalah, mengapresiasi seni, kreatif, dan membedakan mana perilaku yang benar dan mana yang salah.
    2. Lobus pariental yang menyebabkan manusia bisa merasakan adanya sentuhan, tekanan, dan rasa sakit.
    3. Lobus temporal yang menyebabkan manusia bisa paham akan informasi yang berbentuk suara atau kemampuan auditoris.
    4. Lobus occipital yang menyebabkan manusia bisa merespon rangsangan secara visual dengan sangat baik. Selain keempat pembagian tersebut, cerebrum atau otak besar dibagi menjadi dua yakni otak kanan dan otak kiri. Otak kiri berhubungan dengan kemampuan rasional, seperti sains dan matematika dasar, sementara otak kanan berhubungan dengan kemampuan imajinatif, seperti seni dan kreativitas.
  2. Cerebellum (otak kecil). Cerebellum atau otak kecil terdapat pada kepala bagian belakang mengatur banyak hal dari aktivitas keseharian kita seperti mengontrol kemampuan motorik (organ gerak), keseimbangan, koordinasi otot, menulis, berkendara, dan lain sebagainya. Apabila terjadi kerusakan sistem pada cerebellum atau otak kecil, tentunya akan terjadi gangguan pada koordinasi pada anggota gerak kita.
  3. Brainstem(batang otak). Bagian otak brainstem atau batang otak terletak pada tulang tengkorak yang memanjang sampai ke tulang punggung atau sumsum tulang belakang. Bagian ini mengatur fungsi dasar manusia seperti mengatur pernafasan, denyut jantung, pencernaan, insting terhadap bahaya, dan sebagainya. Batang otak terbagi menjadi beberapa bagian yakni otak tengah (mesencephalon), medulla oblongata, dan pons.
    1. Otak tengah mengontrol otak besar dan otak kecil dan berfungsi mengatur penglihatan kita seperti pupil mata, lensa mata, dan kornea.
    2. Medulla oblongata mengatur fungsi sirkulasi darah, detak jantung, pernafasan, dan pencernaan.
    3. Pons berperan dalam mengatur apakah kiat sedang terjaga atau tertidur.
  4. Limbic System (system limbik). Sistem limbik terdapat pada otak manusia tepatnya di bagian tengah dan membungkus batang otak. Limbik berasal dari bahasa latin yang berarti kerah. Komponen limbik antara lain hipotalamus, hipocampus, amigdala, thalamus dan korteks limbik. Bagian ini berperan dalam mengatur pengendalian perasaan, rasa haus, rasa lapar, rasa tenang, cinta, kejujuran, dan memori jangka panjang. Bagian terpenting dari bagian ini adalah hipotalamus yang menyebabkan manusia memiliki kemampuan untuk memutuskan mana yang seharusnya/layak dilakukan dan mana yang tidak. Bagian inilah yang sering disebut sebagai otak emosi atau mayoritas orang menyebutnya dengan “alam bawah sadar”.

BAGIAN OTAK DAN FUNGSINYA

Sudah tahukan apa saja saja yang ada di dalam otak kita setelah membaca artikel diatas yang berjudul Bagian otak dan fungsinya? Semoga dapat menambah ilmu pengetahuan kita.

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.