Kesehatan
Kecantikan
Penyakit
Resep
Tips dan trick
Home » Kesehatan

Bagian telinga dan fungsinya

Submitted by on June 29, 2012 – 12:00 amNo Comment

Bagian telinga dan fungsinya – telinga merupakan salah satu bagian yang vital dalam tubuh kita. Bisa dibayangkan bukan, jika kita tidak akan bisa menikmati segala keindahan dunia secara auditoris dengan sempurna apabila kita tidak memiliki telinga untuk mendengarkan. Baik itu mendengarkan suara-suara yang indah maupun informasi-informasi yang kita anggap penting. Namun adakah yang tahu apa saja bagian dari alat yg sering kita gunakan untuk mendengarkan atau mendeteksi suara dan segala sesuatu di dunia ini setiap harinya? Berikut Endramaulana.com akan membagikan tulisannya untuk anda.

Bagian telinga dan fungsinya :

  • Telinga luar. Telinga luar terdiri dari daun telinga (pinna), liang atau lubang telinga (meatus auditoris eksternus), dan gendang telinga (membran timfani). Daun telinga atau pinna berfungsi mengarahkan suara sehingga suara tepat menuju atau masuk ke dalam liang telinga hingga sampai pada membran telinga atau membran timfani. Liang telinga berfungsi untuk menangkap suara yang ada disekitar kita. dikarenakan hal inilah sehingga dikatakan bahwa lubang telinga merupakan bagian terpenting dari sekian bagian telinga yang lain. Bagian ini disusun oleh tulang rawan dan kulit yg tipis. Selain itu, diliang telinga ini akan menghasilkan beberapa kelenjar sehingga rawan terjadi penumpukan kotoran. Gendang telinga berfungsi untuk menerima dan meneruskan getaran suara menuju tulang pendengaran.
  • Telinga tengah. Telinga tengah terdiri dari 3 tulang pendengaran, yakni martir (malleus), landasan (incus), dan sanggurdi (stapes). Selain itu, di dalam telinga tengah juga terdapat muara tuba eustachi. Getaran suara yang masuk dan diterima oleh gendang telinga selanjutnya diteruskan oleh ketiga tulang diatas. Masing-masing tulang pendengaran pada telinga bagian tengah akan menyampaikan getaran-getaran suara ke tulang berikutnya dan tulang sanggurdi akan meneruskan ke koklea atau rumah siput.
  • Telinga dalam. Telinga dalam terdiri dari tingkap bundar, tingkap jorong, saluran eustachius, tiga saluran setengah lingkaran, dan koklea atau rumah siput. Rumah siput berfungsi untuk meneruskan rangsangan menuju ke otak melalui syaraf-syaraf penghubung antara telinga dengan otak sementara tiga saluran setengah lingkaran berfungsi untuk menjaga keseimbangan tubuh. Saluran eustachius berfungsi untuk menghubungkan telinga bagian mulut dengan rongga mulut.

Bagian telinga dan fungsinya

Nah, sudah jelas bukan? Itulah bagian-bagian telinga kita yg seharusnya kita ketahui agar kita bisa lebih menjaganya mengingat perannya yg begitu penting untuk tubuh. Pasti kita akan merasa tidak nyaman apabila salah satu saja dari kelima panca indra kita tidak bisa bekerja dengan baik. Demikian beberapa info atau sekedar tulisan yg bisa dishare oleh Endramaulana.com untuk anda. Kritik dan saran dari pembaca sangat kami harapkan. Semoga bermanfaat! Terima kasih telah mampir ke blog saya untuk mencari tahu tentang bagian telinga dan fungsinya.

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.