Kesehatan
Kecantikan
Penyakit
Resep
Tips dan trick
Home » Kesehatan

Bahaya Formalin bagi tubuh kita !!!

Submitted by on July 1, 2012 – 11:00 amNo Comment

Bahaya formalin – Formalin adalah cairan yang tidak berwarna dengan baunya yang sangat menusuk dan akan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. beberapa kegunaan formalin biasanya digunakan sebagai desinfektan atau pembunuh hama dan kuman penyakit, pembersih lantai/pakaian/kapal, sebagai bahan pembuatan pupuk, pakaian, cermin, keramik, produk kosmetik, kain, pembersih peralatan rumah tangga, bahan deeterjen, pengawet mayat/mumi, bahan pembunuh lalat/hama/kuman penyakit, lilin, karpet, shampoo mobil, dsb. Apa anda apa saja  bahaya formalin?

Berikut bahaya formalin :

  1. Terhirup. Banyak sekali bahaya yang sangat vital yang bisa diakibatkan oleh formalin apabila zat/bahan makanan ini terhirup. Beberapa diantaranya yakni batuk-batuk, nyeri pada kepala, batuk-batuk, iritasi dan rasa terbakar pada hidung, tenggorokan, dan saluran pernafasan yang lainnya. Selain itu, beberapa bahaya dari formalin jika terhirup yakni infeksi saluran pernafasan seperti radang paru-paru atau bengkak pada paru-paru. Sedangkan pada konsentrasai yang sangat tinggi, formalin yang terhirup bisa menyebabkan kematian. Dalam jangka panjang atau kronis, formalin dapat menyebabkan gangguan tidur, emosi yang tidak terkontrol, berkurangnya konsentrasi dan daya ingat, kanker otak, bahkan gangguan menstruasi sampai kemandulan pada wanita. Sebaiknya, gunakan masker atau alat pelindung pernafasan lain sebagai tindakan pencegahan guna menghindari bahaya yang tidak diinginkan.
  2. Terkena kulit. Bila terkena kulit mampu menghilangkan atau memudarkan pigmen warna pada kulit sehingga kulit kehilangan warnanya dan menjadi berwarna putih seperti orang albino, menimbulkan rasa terbakar dan gatal-gatal hingga memerah pada bagian kulit yg terkena formalin. Secara kronis, formalin yg terkena kulit menyebabkan kulit mati rasa, dan terjadi peradangan pada kulit sehingga timbul gelembung-gelembung pada kulit. Sebaiknya, gunakan pakaian dan sarung tangan dengan memepertimbangkan bahan kimia yang cocok dan selalu menjaga kebersihannya sebagai tindakan pencegahan untuk meminimalisir terjadinya bahaya yang disebabakn oleh formalin.
  3. Terkena mata. Jika formalin terkena mata, dapat menyebabkan iritasi, mata memerah dan terasa perih, pandangan menjadi kabur, bahkan bisa juga menyebabkan kerusakan pada selaput mata dan lensa mata (bahaya kronis). Sebaiknya, gunakan kacamata pelindung debu dan segera bilas dg air bersih yang mengalir jika terkena mata sebagai tindakan pencegahan beberapa bahaya dari formalin diatas.
  4. Tertelan. Jika formalin sampai tertelan, beberapa bahaya yang bisa ditimbulkan diantaranya yakni mual-mual, muntah, kejang-kejang, diare, tidak sadarkan diri, bahkan bisa juga sampai koma dalam waktu yg relatif lama, sakit perut yg hebat, sakit kepala, kerusakan pada beberapa organ-organ tubuh yang vital seperti limfa atau hati, jantung, otak, sistem pembuluh darah, sistem sususnan syaraf, ginjal, bahkan gangguan jantung. Bahaya secara kronis, dapat menyebabkan penurunan suhu badan dan rasa sakit pada ulu hati. Sebaiknya, segera bawa ke dokter terdekat atau segera ke rumah sakit jika formalin tertelan agar mendapat penanganan secara cepat dan tepat.

BAHAYA FORMALIN

Hal yang tidak kalah pentingnya yakni dengan memperhatikan “kehigienisan” makanan dan jajanan anda sebelum anda menyantapnya. Sebaiknya anda menghindarinya untuk mengurangi resiko terkena bahaya formalin.

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.