Kesehatan
Kecantikan
Penyakit
Resep
Tips dan trick
Home » Kesehatan

Bahaya Makanan Manis Untuk Tubuh

Submitted by on July 29, 2012 – 3:42 pmNo Comment

Bahaya makanan manis untuk tubuh – makanan manis mungkin menjadi salah satu makanan favorit kita. Kebanyakan makanan yang terasa manis tersebut menggunakan gula atau pemanis buatan. Tentunya hal tersebut memberikan ancaman bagi penderita diabetes. Bagi yang memiliki tubuh sehat, tidak menutup kemungkinan untuk terjangkit penyakit berbahaya. Maka dari itu sebaiknya kita mengurangi konsumsi gula pada makanan atau pun minuman kita sebisa mungkin dan sedini mungkin. Berikut ini adalah beberapa akibat bila kita terlalu banyak mengkonsumsi gula.

1. Menyebabkan gangguan pada jantung
Sebuah hasil studi menyebutkan bahwa makanan manis, khususnya gula dengan konsumsi berlebih, dapat meningkatkan resiko terserangnya gangguan jantung pada seseorang. Dikatakan demikian karena kadar HDL dalam darah akan meningkatkan jumlahnya karena tubuh mendapat asupan gula berlebih. Akibat lain yang bisa ditimbulkan adalah penyakit stroke dan tekanan darah tinggi.

2. Sebagai pemicu kenaikan berat badan
Konsumsi makanan manis berlebih seperti permen, gula-gula, minuman bersoda, kue, ice cream, dan sebagainya juga akan mengakibatkan berat badan melonjak naik secara drastis. Karena, seperti diketahui kebanyakan orang, makanan manis kaya akan kandungan kalori yang merupakan penyebab utama naiknya berat tubuh. Jika anda mengkonsumsinya secara terus-menerus dan dalam waktu yang relatif lama tanpa diimbangi dengan olahraga, maka dapat dipastikan kemungkinan obesitas dapat mengancam anda di kemudian hari.

Bahaya Makanan Manis Untuk Tubuh

3. Menyebabkan penyakit diabetes tipe 2
Banyak orang meyakini diabetes adalah penyakit menurun yang muncul karena adanya gen yang diwariskan oleh orang tua. Namun, seiring perkembangan jaman, penyakit diabetes juga dapat dipelajari secara sains dan logika, penyakit diabetes yang sebenarnya adalah mayoritas disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat pada mayoritas penderitanya. Menu-menu makanan seperti fast food yang digemari orang-orang masa kini menjadi pemicu utama terserang penyakit diabetes type 2. Selain itu, makanan manis yang tinggi kadar gula termasuk minuman bersoda, alkhohol, perokok, dan jam makan yang tidak teratur juga dijadikan alasan utama terserangnya penyakit diabetes.

4. Merusak kesehatan gigi
Seperti yang kita tahu, anak kecil akan memiliki kerusakan gigi, gusi, dan bahkan berwarna hitam jika orang tua mengijinkan mereka mengkonsusi makanan manis dengan kadar gula tinggi berlebih pada si anak. Selain si anak kelihatan “tidak lucu” lagi, hal ini juga akan mengancam kesehatan dan fungsi gigi pada anak apalagi mereka pada masa-masa pertumbuhan. Jadi, belajarlah menjadi orang tua yang sehat dengan lebih selektif memberikan asupan gizi makanan yang lebih bermanfaat pada anak-anak demi menjaga kesehatan mereka. Hal sederhana yang dapat dilakukan oleh orangtua kepada anaknya adalah mengurangi memberi mereka makanan manis dan bisa diganti dengan sedikit memaksa anak untuk mengkonsumsi buah dan sayur yang kaya akan antioksidan. Selain itu, pastikan si anak tidak menyentuh ranjangnya tanpa menyikat gigi terlebih dulu, demi kebaikan mereka sendiri.

Kemungkinan terserang beberapa penyakit diatas sangatlah mungkin terjadi jika kita tetap mengkonsumsi makanan manis secara berlebih. Itulah 4 bahaya makanan manis untuk tubuh.

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.