Kesehatan
Kecantikan
Penyakit
Resep
Tips dan trick
Home » Kesehatan

Bahaya memakai Baju Baru yang belum Dicuci !!!

Submitted by on November 18, 2012 – 7:36 pmNo Comment

Bahaya memakai Baju Baru yang belum Dicuci!- moment hari raya Idul Fitri yang identik dengan baju baru bisa menjadi ancaman jika anda hanya melepas label harga pada baju tersebut, langsung memakainya, dan tanpa mencucinya terlebih dahulu. Benar-benar terasa “baru” bukan? Namun tahukah anda terdapat beberapa bahaya yang akan mengancam jika anda memakai baju yg baru dibeli tanpa dicuci terlebih dahulu? Berikut informasinya!

1. Zat Kimia Pabrik Tertinggal di Pakaian
Walaupun kelihatannya bersih, pakaian yang baru Anda beli mengalami proses yang sangat panjang sebelum sampai pembeli. Mulai dari proses awal yaitu pemintalan benang, proses selanjutnya adalah membuat kain, kemudian pewarnaan tekstil, seselai itu dilakukan pemotongan kain dan penjahitan, proses pengemasan dan masih banyak lagi yang dilakukan. Semua proses diatas dapat meninggalkan berbagai zat kimia yang bisa membuat alergi kulit pada sebagian orang, apalagi jika hal tersebut terjadi pada kulit anak-anak yang masih sangat rentan dan sensitif. Anda bisa mencium baunya dan akan anda temukan bau pabrik yg khas seperti zat pewarna yang digunakan pada tekstil. Anda bisa juga dg melihat bagaimana warna air rendaman saat Anda mencuci pakaian baru yang berwarna. bagi sebagian orang, pewarna pakaian yang berlebih bisa membuat kulit terinfeksi dan menimbulkan gejala alergi seperti kulit memerah, gatal dan terasa panas.

2. Setumpuk Kotoran Menempel Pada Pakaian
Pernahkah Anda menghitung berapa orang yang mencoba pakaian yang dipajang atau digantung pada etalase toko? Sangat banyak, bukan? Sebelum Anda membeli pakaian-pakaian tersebut, tanpa sepengetahuan anda, ada puluhan bahkan ratusan orang yang telah mencoba pakaian itu sebelumnya untuk mendapatkan kecocokan (tapi tidak membelinya). kemungkinan orang yang akan mencoba pakaian itu pasti meninggalkan banyak hal yang mungkin dianggap sepele, seperti noda makanan, make up, atau keringat mereka yang menempel. Ngeri bukan? Bahkan, sebuah hasil penelitian menyebutkan bahwa para ahli menemukan banyak bakteri dan kuman yang tertinggal pada beberapa sampel berbagai pakaian baru (baju, celana, bahkan pakaian dalam) yang dipajang dan dijual di toko-baju. Pada pakaian tersebut, ditemukan bekas ludah, bakteri dan bahkan terdapat sisa kotoran manusia (feses).

3. Harus Dicuci Sebelum Dipakai!
Anda pasti tidak ingin mengalami masalah kesehatan karena pakaian baru. Lakukan beberapa tips ini:

  • Saat membeli pakaian baru, selalu minta stok pakaian yang masih dalam lipatan dan belum dicoba oleh orang lain. Contoh beberapa pakaian yang dipajang pada patung atau digantung adalah pakaian yang paling sering dicoba calon pembeli.
  • Selalu cuci pakaian baru dengan merendamnya minimal satu jam dengan detergen anti bakteri dan kuman. Jika pakaian yang Anda beli bisa dicuci dengan air panas, sebaiknya rendam dengan air panas untuk mendapatkan hasil maksimal.
  • Sikat atau kucek pada bagian kerah leher, sambungan ketiak, paha bagian dalam dan lipatan lainnya yang kemungkinan besar dapat dihinggapi bakteri. Bagian inilah yang banyak meninggalkan bakteri.
Bahaya Baju Baru

Bahaya Baju Baru

Untuk menghindari bahayanya sebaiknya anda melakukan tips-tips tersebut. Itulah beberapa bahaya memakai baju baru jika belum dicuci yang dapat kami informasikan.

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.