Kesehatan
Kecantikan
Penyakit
Resep
Tips dan trick
Home » Kesehatan

Bahaya Menggosok Gigi Setelah Minum Kopi

Submitted by on August 6, 2012 – 7:15 pmNo Comment

Bahaya menggosok gigi setelah minum kopi – Mayoritas masyarakat kita berasumsi bahwa dengan menggosok gigi sesering mungkin akan meningkatkan kesehatan gigi dan kekuatan gusi tersebut. Namun tahukah anda, tanpa kita sadari bahwa ternyata terdapat jam-jam tertentu yang kita sangat tidak dianjurkan untuk menggosok gigi. Menggosok gigi pada jam yang tidak tepat akan membuat gigi kita lebih rentan keropos. Hal ini telah dibuktikan oleh para ahli-ahli gigi dan hasilnya sangat mengejutkan. Gigi yang selalu digosok menggunakan pasta gigi, apalagi dalam kadar yang berlebihan akan menurunkan daya tahan gusi dan membuat gigi lebih mudah keropos.

Tak hanya itu, mereka juga beranggapan bahwa menggosok gigi sesering mungkin akan menyingkirkan bakteri-bakteri yang berkembang pada gigi dan kesehatan mulut mereka akan tetap terjaga. Setelah kita makan atau minum merupakan waktu yang tidak tepat jika anda langsung menggosok gigi. Menggosok gigi pada waktu tersebut ternyata keliru. Mengapa demikian? Karena, hal ini justru akan meningkatkan keasaman pada mulut sehingga keseimbangan ph mulut tidak terjaga. Pakar kesehatan gigi dan gusi menjelaskan, bahwasanya dengan menggosok gigi setelah makan, kadar asam pada gigi akan semakin naik dan akan melemahkan email dan dentin gigi. Tentu saja, jika hal ini dilakukan terus-menerus bukan tidak mungkin jika akan merusak gigi, gigi sensitif dan bahkan menyebabkan gigi keropos.

Hal yang tidak jauh berbeda yakni ketika anda menggosok gigi setelah minum kopi. Jika sebelumnya anda beranggapan bahwa hal ini merupakan kebiasaan baik, sebaiknya sekarang anda berhenti melakukannya. Hal ini justru akan memperburuk keadaan gigi anda karena menggosok gigi setelah minum kopi justru akan semakin memperparah korosi pada gigi anda.

Bahaya Menggosok Gigi Setelah Minum Kopi

Sebaiknya, Anda menggosok gigi minimal satu jam setelah makan atau minum kopi. Namun, jika anda dalam keadaan tergesa-gesa, Anda bisa melakukannya kembali setelah jeda atau jarak selama 30 menit. Dalam waktu jeda atau jarak tersebut tingkat keasaman pada rongga mulut sudah kembali pada keadaan normal, dan anda bisa mulai menggosok gigi anda. Itulah yang harus anda lakukan untuk menghindari bahaya menggosok gigi setelah minum kopi.

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.