Kesehatan
Kecantikan
Penyakit
Resep
Tips dan trick
Home » Kesehatan

BAHAYA PLASTIK BAGI KESEHATAN

Submitted by on June 25, 2012 – 12:00 amNo Comment

Bahaya plastik bagi kesehatan – plastik memanglah suatu alat yang sering digunakan dalam aktvitas sehari-hari dan mungkin sangat sulit untuk kita hilangkan. Sebenarnya plastik sangatlah berbahaya untuk tubuh kita, hal ini dikarenakan bahan kimia yang terkandung dalam plastik sangatlah tidak familiar untuk tubuh kita dan lingkungan kita. Pencemaran yang ditimbulkan dari sampah-sampah bekas plastik sangatlah sulit untuk diuraikan oleh mikroba yang ada didalam tanah. Apa anda tahu apa saja bahaya yang ditimbulkan dari sampah-sampah plastik yang ada? Berikut ulasannya.

Berikut bahaya plastik bagi kesehatan :

  1. Ancaman bagi otak dan sistem syaraf. Plastik dikatakan mampu memberikan efek negatif yakni pemicu terjadinya kerusakan pada otak dan sistem syaraf manusia. Dikatakan demikian karena plastik mengandung bahan Styrine dan polystyrene. Bahan tersebut biasanya dibuat sebagai bahan untuk tempat makan dan minum. Ketika kedua bahan tersebut bersentuhan dengan makanan yang sedang kita konsumsi, hal itulah yang memicu terjadinya kerusakan pada otak dan sistem syaraf pusat. Selain itu, bahan-bahan tersebut juga bisa didapatkan dari asap rokok, asap sisa pembakaran, polusi udara, dan asap dari kendaraan bermotor.
  2. Merusak sistem hormon. Plastik dikatakan mampu merusak sistem hormon karena mengandung Polycarbonate. Bahan ini akan mengeluarkan bahan utamanya yakni Bisphenol-A ke dalam makanan dan minuman sehingga akan berpotensi terjadinya kerusakan sistem hormon. Oleh sebab itu, sebaiknya kita menghindari pemakaian plastik yang menggunakan simbol Polycarbonate sebagai bahan pembuatannya. Namun, belakangan ini banyak produsen-produsen “nakal” yang menyalahgunakannya dengan tidak mencantumkan simbol tersebut dalam proses pembuatannya.
  3. Merusak kerja ginjal dan hati. Plastik dikatakan mampu merusak kerja ginjal dan hati karena mengandung Polyvinyl Chloride. Bahan tersebut adalah bahan plastik yang tidak dapat di daur ulang yang biasanya terdapat pada plastik-plasik pembungkus dan beberapa jenis botol. Kandungan Polyvinyl Chloride yang terdapat dalam plastik dapat bocor apabila bersentuhan dengan makanan berminyak yang dipanaskan. Hal inilah yang dapat membahayakan bagi organ vital kita seperti kerusakan pada kerja ginjal dan hati. Selain itu, bahan ini juga mengancam penurunan berat badan kita.
  4. Bahan sampah yang tidak bisa di daur ulang. Semua orang sudah banyak yang tahu bahwa sampah merupakan bahan makanan yang tidak bisa dihancurkan atau diolah menjadi bahan yang lebih bermanfaat karena mengandung bahan yang disebut low density polyethylene.
  5. Menganggu pertumbuhan bayi. Plastik dapat juga mengganggu pertumbuhan pada bayi. Untuk itu, sebaiknya gunakan botol bayi yang berbahan Polypropilene yang dipercaya sebagai bahan terbaik dalam pembuatan barang berbahan plastik. Karena beberapa bahaya yang ditimbulkan tersebut, maka plastik telah diminimalisir penggunaannya di negara-negara maju seperti Amerika dan Cina.

BAHAYA PLASTIK BAGI KESEHATAN

Demikian beberapa info tentang bahaya-bahaya pada pemakaian bahan plastik yang bisa saya bagikan untuk anda dan semoga artikel berjudul bahaya plastik bagi kesehatan dapat menambah wawasan kita.

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.