Kesehatan
Kecantikan
Penyakit
Resep
Tips dan trick
Home » Tips dan trick

CARA MELAKUKAN POLA HIDUP SEHAT

Submitted by on July 9, 2012 – 12:00 amNo Comment

Cara melakukan pola hidup sehat – dijaman yang modern ini tentu sangat sulit menjaga kesehatan tubuh kita. Apalagi kadar udara bersih setiap harinya semakin menipis. Semakin bertambahnya polusi udara akibat penggunaan motor yang berlebihan dan juga asap rokok yang bertebaran dimana-mana. Itu pun masih belum cukup, masih ada penebangan hutan yang semakin liar. Mungkin jika paru-paru kita bisa berontak, tentu ia akan berontak sejak dulu. Untuk mendapatkan hidup yang sehat, kita harus memulainya dari diri kita sendiri. Semuanya akan saya berikan info untuk melakukan pola hidu sehat yang diawali dari diri kita masing-masing.

Ini dia cara melakukan pola hidup sehat :

Pola Makan Sehat
Pola hidup sehat sangatlah penting sebagai jaminan kelangsungan hidup kita sampai tua. Beberapa contoh pola hidup sehat yang sangat sederhana seperti mencuci tangan sebelum makan, mandi dan gosok gigi secara teratur, tidak jajan sembarangan, memperhatikan kehigienisan makanan yang kita konsumsi baik bahan, proses pembuatan, dan peralatan yang digunakan, dan lain sebagainya. Hal yang tidak kalah penting yang harus diperhatikan untuk melakukan pola hidup sehat selain beberapa hal “sepele” di atas, yakni pola makan yang sehat.
Pola makanan sehat dilihat atau diukur dari keteraturan waktu makanan, porsi atau jumlah makanan yang masuk, dan jenis makanan yang kita konsumsi. Selain itu, ada baiknya anda perhatikan juga kandungan gizi, masa berlakunya, dan bahan-bahan dasar pembuatannya. Makanan bagi tubuh kita berfungsi sebagai sumber tenaga, proses pertumbuhan, pengganti sel-sel yang rusak, dan oksidasi tubuh. Jenis zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh yakni karbohirat (sebagai sumber tenaga), protein (berperan dalam proses pertumbuhan/ zat pembangun), lemak (sebagai cadangan makanan), mineral (cairan tubuh/ berperan dalam pertumbuhan tulang dan gigi), dan vitamin (menjaga kesehatan). Menu makanan yang bergisi terdiri dari: nasi, lauk pauk berprotein tinggi, sayur yang kaya serat, ditambah dengan buah-buahan sebagai asupan vitamin, dan dilengkapi dengan segelas susu.

Keseimbangan Gizi
Keseimbangan gizi dirasa perlu untuk diperhatikan sesuai dengan usia, kebutuhan, pekerjaan, kondisi, dan jenis kelamin seseorang, karena gizi diperlukan tubuh untuk daya tahan terhadap penyakit, mendorong pertumbuhan, dan pemeliharaan kesehatan. Unsur-unsur zat gizi yang diperlukan tubuh terdiri dari : sumber energi (ditemukan dalam karbohidrat, protein, dan lemak), zat pembangun (ditemukan dalam protein dan mineral), dan zat pengatur (ditemukan dalam protein, mineral, dan vitamin).

  • Fungsi Karbohidrat : sumber energi, pengatur metabolisme tubuh, menyerap kalsium. Terdapat pada umbi-imbian, beras, mie, roti, gandum, gula, dan madu.
  • Fungsi Protein : sebagai sumber enrgi, zat pengatur, zat pembangun, pembentuk antibodi, enzim, dan hormon. Dapat ditemukan pada tahu, tempe, daging, susu, dan segala jenis ikan.
  • Fungsi Lemak : sebagai sumber energi, cadangan makanan, menghangatkan tubuh, pembentuk hormon steroid, dan sebagai pelarut vitamin A,D,E, dan K. Dapat ditemukan pada daging, kacang-kacangan, dan keju.
  • Fungsi Mineral : berperan dalam pemeliharaan keseimbangan tubuh, pembentukan tulang dan gigi, dan pembentukan jaringan-jaringan tubuh. Dapat ditemukan pada air mineral dan berbagai jenis makanan yang berkuah.

CARA MELAKUKAN POLA HIDUP SEHAT

Beberapa Macam Penyakit yang pastinya Ditimbulkan dari pola hidup yang kurang sehat :

  • Busung lapar. Kwatshcorkor atau orang lebih mengenalnya dg istilah busung lapar adalah penyakit yang disebabkan karena kekurangan protein. Biasanya, penyakit ini menyerang anak-anak balita dengan ciri perut yang membuncit dikarenakan kemiskinan atau kurangnya asupan gizi pada makanan mereka sehari-hari.
  • Anemia. Anemia adalah penyakit kekurangan darah dikarenakan kurangnya zat besi zat besi yang berupa asam fitat pada makanan sehari-hari. Kandungannya terdapat pada kacang-kacangan, teh, kopi, dan gandum.
  • Rabun senja. Rabun senja, berlangsung pada waktu senja, adalah penyakit yang disebabkan karena kekurangan vitamin A dalam kurun waktu yang relatif lama. Akibatnya, penderita penyakit ini tidak dapat melihat pada sore hari atau senja.

Nah sudah tahukan bagaimana cara melakukan pola hidup sehat? Silakan dicoba.

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.