Kesehatan
Kecantikan
Penyakit
Resep
Tips dan trick
Home » Resep

Cara membuat bakso sapi dan kuahnya yang nikmat

Submitted by on March 6, 2012 – 1:15 amNo Comment

Cara membuat bakso sapi – serta kuah bakso. Pernahkah anda membuat bakso sendiri? Bakso adalah makanan yang juga digemari masyarakat Indonesia. Terlebih bakso sapi. Bakso sapi adalah bakso yang bahan dasarnya terbuat dari daging sapi yang sudah digiling sehalus mungkin. Namun banyak orang yang tidak mengetahui cara membuat bakso sapi ini. Sebenarnya sangat mudah asalkan kita mengetahui komposisi yang pas untuk membuat bakso. Karena denga komposisi bahan yang pas dan sesuai akan menghasilkan bakso yang istimewa. Namun, sekarang bakso sudah tidak begitu mempesona lagi setelah isu tentang borak yang terkandung dalam bahan adonan bakso. Jadi lebih baik anda membuatnya sendiri dari pada membelinya di pinggir jalan. Di bawah ini endramaulana.com memberi resep tentang yang mantap tersebut.

Cara membuat bakso sapi :

Pertama siapkan dahulu bahannya setelah itu baru kuah.
Bahan untuk adonan:
500 gram daging sapi yang sudah di haluskan (digiling).
50 cc air
200 gram tepung kanji
1 sendok makan garam yang sudah di campur dengan merica bubuk
5 siung bawang putih yang sudah dihaluskan

Bahan untuk Kuah  :
750 cc kaldu ayam
1 sendok teh garam yang sudah dicampur dengan merica bubuk
2 batang daun bawang yang sudah di iris tipis tipis.

Proses pembuatan:

  1. Daging sapi dan tepung kanji dihaluskan, kemudian tambahkan bawang putih, merica bubuk dan garam untuk diaduk – aduk denga air secukupnya sampai adonan terasa licin dan tidak alot.
  2. Kepal adonan tersebut sampai berbentuk bundar.
  3. Masukkan kedalam air panas yang baru mendidih ( kecilkan api )
  4. Rebus adonan tersebut dengan durasi 15 menit. Jaga apinya agar tidak terlalu besar, hal ini bisa membuat adonan pecah.
  5. Masak kaldu ayam yang telah disiapkan tadi dicampur dengan bahan untuk kuah bakso sapi tadi. Setelah mendidh taburkan daun bawang.
  6. Sajikan juga mie sebagai pelengkan bakso sapi anda.

Cara membuat bakso sapi

cara membuat bakso sapi
Saran saya : Pilih daging yang segar atau baru disembelih. Namaya juga bakso daging sapi. Tentu cita rasa yang paling menonjol adalah rasa daging sapi. Semakin daging sapi tersebut berkualitas baik tentu akan mampu menciptakan rasa daging sapi yang mempunyai kualitas dan mutu yang baik. Selain itu rasanya pun juga akan lebih berasa daging sapinya. Janngan lerlalu banyak memakai bumbu penyadap.

Semoga resep  diatas bermanfaat untuk anda.
Anda juga bisa membaca resep tentang cara membuat bakso ikan, cara membuat donat, cara membuat mie, cara membuat telur asin dan cara membuat susu kedelai. Gimana komplit kan? Makan bakso plus telur asin, donat dan telur asin sebagai camilan. Minumnya susu kedelai. Mantap bukan. Jadi laper. hehehehe…
Terimakasih  telah membaca cara membuat bakso sapi diatas.

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.