Kesehatan
Kecantikan
Penyakit
Resep
Tips dan trick
Home » Resep

Cara membuat kimchi, masakan asal Korea

Submitted by on April 20, 2012 – 12:00 amNo Comment

Cara Membuat Kimchi – kimchi adalah makanan tradisional Korea berupa sayuran yang diolah melalui proses fermantasi asam laktat. Cara membuat Kimchi sebenarnya tidak jauh berbeda dengan acar (di Indonesia) atau asinan yang kita konsumsi. Namun, kimchi ini diolah dengan berbagai jenis bumbu yang beraroma sangat khas sebagai hasil fermentasi bawang dan bau dari pedasnya cabai. Sehingga lebih menggugah selera kita. Jenis sayuran yang paling umum dibuat kimchi yakni sawi putih atau lobak sebagai bahan utamanya. Dan yang sangat menjadi ciri khas kimchi sebagai masakan Korea yakni pada rasanya yang asin dan pedas. Penasaran bagaimana cara membuat kimchi? Berikut informasinya:

Cara membuat kimchi :

Bahan:
2 buah sawi putih atau lobak belah dua (yang sudah anda cuci bersih)
3 sdm garam halus
1 sdm bawang putih, parut
2 sdm cabai yang sudah dihaluskan
1 sdt gula pasir halus
2 sdt cabai bubuk
2 sdm air jeruk lemon
2 sdm garam halus
1 sdt jahe, parut kasar
2 sdt kecap ikan
Beberapa lembar daun lembar, iris serong

Proses pembuatan :

  • Buka kuntum daun sawi,(jika anda menggunakan sawi, bukan lobak).
  • Taburkan garam pada setiap kuntumnya.
  • Diamkan sawi selama 6 jam, cuci bersih dengan air mengalir sampai kuntum terdalam agar sisa sisa garam tercuci bersih.
  • Potong – potong sawi sekitar 3-5 cm.
  • Campur sawi dengan bawang putih, cabai giling, cabai bubuk, air jeruk, jahe parut, kecap ikan, dan garam. Biarkan bumbu meresap dan merata sampai ke dalam kuntum terdalam dari daun sawi.
  • Biarkan 2 x2 4 jam dengan wadah tertutup dan jangan sekali-kali menyimpannya di dalam lemari es untuk mendapatkan fermentasi yang sempurna. Setelah melebihi waktu yang ditentukan, baru boleh disimpan di dalam lemari es.
  • Kimchi siap dinikmati. Bisa sebagai makanan pembuka, bisa dinikmati dengan nasi putih, menu menemani makan sate anda, atau teman makan lain sesuai selera anda. 

Cara membuat kimchi

TIPS:

  1. Pilih sawi sebagai menu utama kimchi yang segar dan berkualitas.
  2. Semakin lama penyimpanan, misalnya berminggu-minggu bahkan juga ada yang berbulan-bulan akan semakin baik untuk mendapatkan hasil fermentasi yang sempurna.
  3. Takaran bumbu-bumbu diatas bisa disesuaikan dengan selera anda. Misalnya bagi anda yang tidak menyukai pedas atau asin, anda bisa mengurangi takaran garam dan cabai, atau sebaliknya.

Saya yakin anda bisa dan memahami cara membuat kimchi.

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.