Kesehatan
Kecantikan
Penyakit
Resep
Tips dan trick
Home » Resep, Tips dan trick

Cara membuat telur asin

Submitted by on March 11, 2012 – 6:33 amNo Comment

Cara membuat telur asin – Pembuatan telur asin dengan aneka rasa seperti di kota Brebes ternyata sangatlah mudah. Saya mengetahui cara tersebut setelah saya ke rumah paman saya yang ada di Brebes  Dia juga menekuni dunia telur asin. Berawal dari seorang pembantu pembuat telur asin temannya. Dari situ paman saya mendapatkan ilmu tentang telur asin tersebut. Akhirnya sekarang sudah bisa memproduksi telur asin sendiri.  Selagi saya ada di sana, saya langsung bertanya tentang cara pembuatan telur asin khas Brebes yang beraneka rasa tersebut. Ternyata sangat mudah untuk anda coba sendiri dirumah. Dibawah ini adalah cara untuk membuat telur asin aneka rasa kota Brebes.

Berikut cara membuat telur asin :

  1. Pilihlah telur dari ayam yang sehat dan tidak memiliki induk yang mudah terserang virus(karena Ayam yang sehat memiliki telur yang berkualitas pula).
  2. Kemudian bersihkan kulit telur dari kotoran yang menempel di kulit tersebut, sangat dianjurkan memakai air hangat. Karena mencuci telur menggunakan air hangat akan lebih memudahkan kita untuk membersihkan nya selain itu bisa membunuh bakteri dan kuman yang ada. Setelah itu di bilas menggunakan air biasa sampai bersih.
  3. Tiriskan telur tersebut sampai benar – benar kering. Anda bisa menggunakan tisu atau serbet untuk mempercepat pengeringan telur tersebut.
  4. Setelah kering amplas permukaan telur tersebut, usahakan merata di semua permukaan kulit telur tersebut. Hal ini agar pori – pori di permukaan telur terbuka. Untuk memudahkan asinan meresap di dalam telur tersebut. Saya saran kan untuk berhati – hati saat mengamplas kulitnya, karena dikhawatirkan kulit telur akan mudah retak.
  5. Buat adonan untuk mengasinkan telur tersebut. Adonan tersebut berasal dari campuran garam dan abu gosok dengan perbandingan yang sama. Jika tidak ada abu gosok anda bisa mengunakan bata merah yang telah dihaluskan.
  6. Setelah anda membuat adonan, bungkus telur tersebut dengan adonan yang sudah anda buat tadi. Ingat, membungkusnya harus dengan secara merata dan tebalnya kira – kira sekitar 5 mm.
  7. Kemudian taruh telur tersebut pada ember di ruang terbuka. Biarkan kurang lebih 2-3 minggu. Anda pun bisa membiarkannya lebih dari 3 minggu, tetapi rasanya akan bertambah asin namun kelebihannya akan semakin awet.
  8. Setelah berjalan 2-3 minggu anda dapat mengambilnya. Bersihkan dahulu telurnya.
  9. Rebus telur asin tersebut hingga matang.

Cara membuat telur asin

Saran saya, jika anda ingin membuat telur lebih awet lagi setelah dibersihkan sebelum dimasak, anda bisa merendam telur tersebut pada larutan teh kurang lebih selama satu minggu. Sedangkan untuk membuat telur menjadi beraneka rasa adalah pada saat membuat adonan tambahkan rasa yang anda inginkan  Misalnya anda menginginkan telur dengan rasa apel, anda bisa menambahkan jus apel ke dalam adonan yang akan di buat untuk membungkus telur tersebut.

Semoga anda bisa membuatnya setelah membaca artikel tentang cara membuat telur asin diatas. 

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.