Kesehatan
Kecantikan
Penyakit
Resep
Tips dan trick
Home » Penyakit, Tips dan trick

Cara Mengatasi Insomnia atau gangguan tidur

Submitted by on July 21, 2012 – 5:04 pmNo Comment

Cara mengatasi insomnia – Banyak orang mengaku mengidap insomnia atau memiliki gangguan tidur sehingga menyebabkan si penderita tidak bisa tidur sampai fajar menjelang. Tentunya hal ini akan sangat menggangu. Tidak sedikit juga di antaranya yang mengaku stres ketika tahu bahwa jam istirahatnya berantakan. Beberapa faktor yang menjadi penyebab serta cara mengatasi insomnia yang harus anda perhatikan:

1. Alat Elektronik
Disaat anda menjelang tidur, anda sebaiknya tidak berdekatan atau mendekatkan diri dengan barang-barang elektronik. Terlalu sering berkutat dengan komputer/laptop, televisi, radio dan ponsel apalagi bila hal tersebut dilakukan sampai larut malam akan membuat pikiran kita menjadi stres. Saran dari para dokter, saat kita masuk pada jam malam, sangat baik bila kita mengurangi beberapa aktivitas yang berhubungan dengan dengan alat-alat elektronik. Karena, selain alat tersebut berbahaya pada kesehatan tubuh, alat-alat elektronik juga memicu stres yang berlebih yang sangat tidak cocok jika berdekatan dengan anda khususnya disaat waktu anda menjelang tidur. Hal ini menjadi salah satu faktor yang memicu terjadinya insomnia.
2. Bersantai
Salah satu penyebab insomnia adalah kurangnya tubuh dalam mengotrol stres. Ketika stres melanda, ada baiknya sebelum tidur anda bersantai terlebih dahulu dalam waktu beberapa menit. Untuk memeberikan efek relaksasi pada tubuh sebelum beristirahat. Dengan begini, anda akan terhindar dari gangguan tidur yang tidak anda inginkan sebelum mengistirahatkan tubuh dan pikiran anda.

Cara Mengatasi Insomnia

Cara Mengatasi Insomnia

3. Panik

Banyak orang yang mempercayai bahwa salah satu cara untuk mudah tidur adalah dengan menghitung mundur domba atau jam. Namun, hal ini adalah mitos belaka. Sebaiknya, anda menghindari hal-hal yang justru membuat anda stress berkepanjangan. Sebaliknya, lakukan beberapa kegiatan yang membuat Anda semakin rileks atau santai seperti membaca buku atau mendengarkan musik dengan irama yang pastinya membuat pikiran menjadi lebih fresh. Intinya, fokuskan pikiran pada beberapa kegiatan yang dapat membuat pikiran kita lebih nyaman. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa anak kecil yang menjelang tidur selalau ingin didongengi oleh ibunya karena akan memeberikan efek yang menenangkan pada si anak. Selain itu juga, sebaiknya kita tetap berpikir positif selama beraktivitas dalam keseharian. Dengan berpikir positif pasti akan membuat pikiran menjadi rileks, tidur pun menjadi lebih nyenyak tanpa takut terkena insomnia.

Apa anda termasuk pengidap insomnia? Jika iya, sebaiknya anda melakukan hal diatas untuk menghindarinya. Silahkan memberi tanda like pada artikel cara mengatasi insomnia.

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.