Kesehatan
Kecantikan
Penyakit
Resep
Tips dan trick
Home » Penyakit

Gejala Diabetes yang Wajib Anda Waspadai

Submitted by on July 20, 2012 – 4:11 pmNo Comment

Gejala diabetes mungkin sering kita remehkan dalam keseharian kita. Diabetes itu sendiri adalah yang muncul karena melemahnya hormon yang mengatur gula darah kita. Sebenarnya diabetes dapat menyerang siapapun, namun seseorang yang memiliki keturunan atau riwayat pengidap diabetes tentu memiliki kemungkinan yang besar menderita diabetes. Selain faktor keturunan, diabetes juga bisa muncul pada orang yang bermasalah dengan berat badan (kegemukan), kolesterol dan hipertensi. Pada awalnya banyak pengidap diabetes yang tidak menyadari akan datangnya penyakit tersebut, kebanyakan mereka mengetahui setelah mereka dalam keadaan yang parah (diabetes akut).

Gejala diabetes ada 2 macam, yaitu pada tahap awal dan pada tahap parah. Berikut beberapa gejalanya yang harus kita ketahui.

Gejala pada tahap awal :

  1. Terlalu sering buang air kecil, dalam dunia kedokteran gejala ini disebut Poliuri. Hal ini umumnya terjadi pada malam hari dan disebabkan oleh ginjal yang tidak mampu memberikan toleransi terhadap tingginya kadar gula dalam tubuh.
  2. Lebih cepat merasa haus atau bisa disebut juga Polidipsi.
  3. Anda akan merasa cepat lapar atau Polifagi. Hal ini disebabkan karena sel tubuh anda bermasalah pada saat penyerapan gula yang masuk kedalam tubuh. Dengan begini tubuh kita akan lebih cepat lemas, kemudian otak anda akan meresponya dengan rasa lapar yang berlebihan.

Jika ketiga hal diatas sering anda alami, langkah penyegahan yang paling baik adalah olahraga dengan itensitas yang ringan namun teratur. Misalnya, bersepeda atau jogging tiap pagi hari. Selain itu anda juga harus melakukan diet dengan mengurangi makanan yang mengandung karbohidrat yang tinggi.

Gejala diabetes

Gejala tahap lanjut (parah) :
Pada umumnya penderita diabetes tahap lanjut akan lebih sering kesemutan, mudah mengantuk dan mudah lelah. Hal ini dikarenakan menurunya peranan serta fungsi jantung. Jika penderita diabetes tersebut adalah ibu yang sedang hamil, maka kemungkinan besar akan mengalami keguguran dan bahkan janin mati saat masih didalam kandungan.

Jika anda telah menyadari sakit yang anda derita tersebut, sebaiknya anda segera berkonsultasi dengan dokter spesialis untuk mendapatkan resep dan menu spesial diet. Namun, tidak ada salahnya bila anda juga mencoba pengobatan alternatif dengan berbagai macam obat herbal. Setelah anda megetahui gejala diabetes jangan segan untuk berkonsultasi dengan keluarga.

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.