Kesehatan
Kecantikan
Penyakit
Resep
Tips dan trick
Home » Penyakit

Gejala penyakit jantung koroner – Penyebab dan Gejala

Submitted by on March 6, 2012 – 12:12 amNo Comment

Gejala penyakit jantung koroner – Tanda penyakit jantung serta penyebab penyakit jantung ada disini. Jantung adalah organ tubuh manusia yang sangat vital peranannya. Dengan berat sekitar 300 gram, jantung bertugas memompa darah ke seluruh tubuh kita.

Penyakit jantung disebabkan oleh:

  1. Faktor keturunan. Ada keturunan pengidap kolesterol tinggi.
  2. Faktor usia. Untuk pria memasuki usia 45 sedangakan untuk wanita memasuki usia 55.
  3. Merokok. hal ini lebih beresiko daripada anda obesitas.
  4. Diabetes. Fakta menunjukkan kebanyakan pengidap diabetes meninggal bukan karena kadar gula yang tinggi (meningkatnya kadar gula) namun karena komplikasi pada jantung.
  5. Obesitas / kegemukan. Merupakan salah satu penyebab penyakit jantung.
  6. Akohol. Gaya hidup yang buruk ini sebaiknya dijauhi.Banyak bahan yang terkandung di dalamnya yang tidak sesuai dengan kesehatan jantung.
  7. Ketegangan pikiran atau disebut juga stres.

Diatas ini merupakan faktor umum penyebab penyakit jantung. Jika hal tersebut terjadi pada anda. Besar kemungkinan anda akan mengalami yang disebut serangan jantung. Serangan jantung adalah kondisi dimana jantung akan perlahan berhenti berdetak karena kerusakan pada otot jantung. Lalu apa gejalanya?

Gejala penyakit jantung koroner :

  1. Nyeri pada dada bagian kiri. Nyeri ini desebabkan karena pasokan Oksigen yang kurang memadai pada jantung. Hal ini bisa terjadi jika otot jantung tidak mendapatkan darah yang cukup.
  2. Sesak napas. Merupakan salah satu ciri – ciri gagal jantung.
  3. Jantung sering berdebar – debar atau Palpitasi.
  4. Kelelahan. Hal ini terjadi karena tidak normalan atau kurang efektifnya jantung memompa darah. Jika anda mengalami seperti ini sebaiknya anda beristirahat untuk mengembalikan kembali kekuatan jantung anda untuk memompa darah secara normal. Fatal akibatnya jika anda terus memaksa jantung anda untuk bekerja lebih keras apalagi di usia yang sudah tidak muda lagi atau masa – masa penuaan.
  5. Sering pusing dan kemudian pingsan. Hal ini disebabkan oleh denyut jantung yang tidak normal karena pemompaan yang kurang sempurna.

Gejala penyakit jantung koroner

Gejala penyakit jantung koroner

Serangan jantung bukanlah serangan maut yang selalu medadak, namun semua bisa di atasi sedini mungkin. Salah satu caranya adalah melakukan pemeriksaan ECG.

Itulah gejala penyakit jantung koroner semoga bermanfaat untuk anda. 

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.