Kesehatan
Kecantikan
Penyakit
Resep
Tips dan trick
Home » Penyakit

Gejala Penyakit Jantung yang Patut Diwaspadai

Submitted by on July 14, 2012 – 5:52 pmNo Comment

Gejala Penyakit jantung yang dialami banyak orang terkadang dianggap sepele. Bahkan gejala ringan yang muncul pada diri anda tanpa anda ketahui bahwa gejala tersebut menjadi awal mula timbulnya beberapa penyakit kronis yang mematikan, salah satunya adalah penyakit jantung. Berikut beberapa gejala ringan yang ditimbulkan oleh tubuh dan patut untuk diwaspadai dan segera diatasi sebagai indikasi awal yang memicu terserang penyakit jantung.

Berikut gejala penyakit jantung yang harus anda sadari :

  1. Tekanan ringan di dada anda. Bukan tidak mungkin saat anda melakukan beberapa aktivitas ringan keseharian anda merasakan gejala seperti nyeri dan rasa tertekan pada bagian dada anda terutama dada sebelah kiri. Tekanan yang mungkin mayoritas dari anda akan membiarkan keluhan sepele ini dan mengira akan sembuh dengan sendirinya bisa jadi indikasi awal pemicu penyakit jantung. Patut anda waspadai karena tekanan atau rasa nyeri ini terjadi karena berkurangnya pasokan darah pada pembuluh darah yang mengangkut darah bersih menuju ke jantung, sehingga kerja jantung menjadi tidak bisa maksimal mengingat kurangnya suplai darah yang dibutuhkan.
  2. Kelelahan atau lebih cepat merasakan capek. Jika anda sering merasa kelelahan dan letih atau lesu bahkan sepanjang hari, gejala ini juga bisa menjadi salah satu faktor permulaan terserangnya penyakit jantung. Kelelahan yang terus menerus akan berulang, padahal anda tidak melakukan aktivitas yang terasa sangat berat dan tubuh anda juga telah mendapatkan istirahat yang cukup. Hal ini bisa saja karena jantung kekurangan suplai oksigen yang dibutuhkan. Sebaiknya anda tidak meremehkan gejala ini dan segera konsultasikan kepada dokter perihal penyebab kelelahan yang terus-menerus anda rasakan sepanjang hari.
  3. Terlalu sering buang air kecil. Buang air kecil dengan frekuensi yang berlebih bagi orang yang notabene sehat akan menjadi tidak wajar dan patut untuk dipertanyakan. Apalagi jika buang air kecil yang terlalu sering terjadi di saat malam menjelang sementara anda tidak meminum air putih yang berlebihan. Anda patut waspada sejak dini karena ciri tersebut merupakan gejala lain dari gangguan jantung. Untuk meminimalisir gejala yang tidak diinginkan, ada baiknya Anda mengontrol asupan cairan pada malam hari.
  4. Turunnya nafsu makan secara drastis. Berkurangnya nafsu makan merupakan salah satu gejala awal pada penderita gangguan jantung. Hal ini dikarenakan kondisi lambung yang selalu pada kondisi kenyang padahal waktu makan telah tiba, atau beberapa dari anda telah melewatkan beberapa waktu makan anda namun anda tetap saja masih merasa kenyang. Kondisi lambung yang selalu merasa kenyang ini diakibatkan oleh adanya cairan yang ada di dalam hati dan sistem pencernaan sehingga akan menurunkan nafsu makan anda.
  5. Batuk yang terjadi secara terus-menerus. Hal paling umum yang seringkali ditemukan pada penderita penyakit jantung adalah batuk kronis. Batuk ini di picu oleh akumulasi cairan pada paru-paru. Biasanya, banyak orang menganggap batuk tersebut adalah asma atau gangguan paru-paru yang lain. Namun, batuk kronis juga bisa dijadikan indikasi awal gangguan jantung. Sebaiknya, segera konsultasikan kpada dokter untuk mendapatkan penanganan yang sesuai.

Gejala Penyakit jantung

Itulah beberapa hal yang menjadi tanda-tanda awal gejala pengidap penyakit jantung. Cegahlah sejak dini sebelum semuanya terlanjur. Kami sangat berterimakasih bila anda memberikan jempol anda untuk artikel gejala penyakit jantung ini.

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.