Kesehatan
Kecantikan
Penyakit
Resep
Tips dan trick
Home » Penyakit

Gigi Berlubang – Penyebab dan Cara Mengatasinya

Submitted by on November 1, 2012 – 10:40 amNo Comment

Gigi berlubang yang parah akan sangat berbahaya jika anda membiarkannya sampai menimbulkan rasa sakit pada. Umumnya masyarakat di negara kita akan beranjak ke dokter gigi bila sudah merasakan sakit pada gigi. Sebenarnya sakit gigi bisa anda cegah jika anda rutin periksa gigi anda ke dokter gigi yang dekat dengan rumah anda, minimal 6 bulan sekali. Dengan melakukan konsultasi kepada dokter gigi setiap 6 bulan sekali maka dipastikan anda akan terhindar dari rasa sakit gigi yang sangat menyiksa tersebut. Berikut ini beberapa penyebab dan cara mengatasi gigi berlubang :

1. Tinggalkan rokok dan alkhohol
Hal pertama yang patut anda ketahui adalah beberapa kebiasaan buruk yakni seperti kecanduan rokok dan peminum alkohol menjadi resiko tertinggi yang akan memicu kerusakan pada gigi anda seperti gigi berlubang. Bahkan sebuah hasil study menyebutkan bahwa mereka yang perokok memiliki resiko lima kali lebih besar akan menderita penyakit pada gigi dan gusi pada usia berapa pun dibandingkan dengan mereka yang non-perokok. Sedangkan untuk pecandu alkohol  akan lebih beresiko lebih besar menderita iritasi pada gusi, gigi, lidah, dan jaringan mulut yang lainnya.

2. Kurangi makanan manis yang mengandung gula
Selain faktor diatas, beberapa jenis manis dengan kandungan gula yang sangat tinggi juga menjadi salah satu faktor pemicu gigi berlubang dan permasalahan gigi yang lain. Mengkonsumsi banyak makanan dengan kadar gula tinggi akan mengasamkan kondisi mulut sehingga mineral dari dalam gigi akan terlepas secara perlahan. Untuk mengatasi hal ini, anda bisa mengganti konsumsi gula anda dengan berbagai jenis buah-buahan segar yang lebih menyehatkan baik untuk tubuh, gigi, dan kesehatan mulut.

3. Rajin berkumur dan menggosok gigi
Sebenarnya, kebiasaan berkumur hanya boleh anda lakukan jika anda berada dalam tempat yang tidak memungkinkan anda memiliki waktu untuk menggosok gigi. Anda bisa berkumur untuk mengembalikan kesegaran nafas anda beberapa menit setelah makan. Namun, kebiasaan yang jauh lebih baik yang tidak boleh anda abaikan yakni menggosok gigi. Selain untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, dengan rutin menggosok gigi dua kali sehari, yakni setelah sarapan pagi dan sebelum pergi tidur, dapat mencegah resiko timbulnya gigi berlubang.

Gigi Berlubang

Gigi Berlubang

Jika anda ingin menghindari rasa sakit gigi tersebut, sebaiknya anda mencegahnya dengan tips-tips diatas. Itulah beberapa cara yang dianjurkan untuk mengatasi gigi berlubang.

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.