Kesehatan
Kecantikan
Penyakit
Resep
Tips dan trick
Home » Penyakit

Informasi Seputar Penyakit Asma

Submitted by on November 9, 2012 – 8:48 pmNo Comment

Penyakit Asma merupakan salah satu gangguan atau kelainan pada saluran pernafasan dimana saluran pernafasan mengalami penyempitan dan peradangan sehingga tidak bisa berfungsi secara maksimal. Penyempitan ini disebabkan oleh partikel-partikel yang terhirup, seperti debu, bulu binatang, asap, udara dingin, dan sebagainya. Ketika serangan asma terjadi, otot-otot dari bronki mengalami pembengkakan namun saluran udara atau disebut juga bronkokonstriksi menyempit sehingga penderita akan berusaha sekuat mungkin untuk bernafas.

Penderita penyakit asma mayoritas adalah mereka yang alergi terhadap hal-hal tertentu, seperti debu di dalam rumah, bulu-bulu binatang, atau ada juga yang alergi terhadap cuaca dingin. Faktor lain yang bisa juga dikatakan sebagai penyebab penyakit asma yakni kurang bisa mengatur stress.

Serangan asma yang dialami oleh beberapa orang juga bervariasi. Ada yang memiliki intensitas sering namun hanya menderita sesak nafas tanpa disertai gejala-gejala atau keluhan yang lain. Namun, ada juga yang mengalami batuk mengi (bengek) serta mengalami rasa sesak yang hebat di bagian dada. Jika faktor penyebabnya adalah cuaca dingin, biasanya serangan asma terjadi pada malam hari ketika cuaca dingin dan penderita mengalami batuk dan napasnya berbunyi. Selain itu, bernafas juga menjadi terasa semakin berat dan sering dibangunkan dalam tidurnya karena batuk yang terus-menerus.

Gejala awal dari penyakit asma yang bisa dirasakan yakni rasa gatal di bagian dada atau leher.
Batuk kering di malam hari atau ketika melakukan olah raga juga bisa merupakan satu-satunya gejala yang mengindikasikan sakit asma. Pada kasus-kasus tertentu, serangan asma juga mampu menyebabkan pecahnya alveoli (gelembung-gelembung udara di paru-paru yang merupakan tempat bertukarnya O2 dan CO2).

Untuk mendeteksi apakah seseorang dikatakan mengalami sakit asma atau tidak, ada baiknya anda segera menemui dokter anda dan melakukan diagnosa awal. Biasanya, anda akan diperiksa spirometri berulang untuk mengetahui penyumbatan udara yang terjadi. Selain itu, terdapat juga diagnosa lain yang bisa dilakukan yakni bronchial challenge test untuk mengetahui faktor pemicu terjadinya asma.

Beberapa pengobatan bisa dilakukan untuk mengatasi penyakit asma. Namun, yang tak kalah penting adalah melakukan antisipasi awal atau menghindari faktor-faktor penyebabnya, seperti membersihkan debu di sekitar tempat tinggal, tidak terlalu “bergaul” dengan binatang berbulu, dan sebagainya. Hal ini tentu akan memperkecil anda untuk terkena resiko sakit asma.

Penyakit Asma

Penyakit Asma

Pengobatan yang bisa dilakukan ketika serangan asma mendadak yakni dengan Agonis reseptor beta-adrenergik yang bisa didapat melalui tablet oral, suntik, maupun inhaler (dihirup). Untuk info selengkapnya, anda bisa berkonsultasi langsung dengan dokter anda. Itulah beberapa informasi seputar penyakit asma. Semoga barmanfaat.

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.