Kesehatan
Kecantikan
Penyakit
Resep
Tips dan trick
Home » Penyakit

Jenis-jenis Penyakit Kulit dan Penyebabnya

Submitted by on November 16, 2012 – 7:33 pmNo Comment

Jenis-jenis Penyakit Kulit dan penyebabnya sebenarnya sangatlah banyak, namun inilah 8 penyakit kulit yang sering diderita oleh kebanyakan orang. Beberapa penyakit kulit dapat menimbulkan kematian, jika hal penyakit tersebut masuk dalam kategori kanker kulit. Di bawah ini merupakan jenis-jenis penyakit kulit yang sering terjadi beserta penyebabnya.

1. Kulit eksim atau dermatitis
Kulit eksim atau dermatitis adalah kondisi dimana kulit mengalami rasa gatal yang hebat. Selain itu, gejala lain yang menyertai kulit eksim yakni seperti memerah, pecah-pecah bahkan bersisik, atau muncul gelembung-gelembung kecil berisi air atau nanah. Eksim sendiri ada dua jenis, yakni eksim kering dan basah. Bagian-bagian tubuh yang sering mengalami kulit eksim seperti pada lipatan tangan, kaki, atau paha.

Berbagai macam faktor menjadi penyebab terjadinya kulit eksim, seperti alergi terhadap jenis makanan tertentu (udang, telur, ayam, ikan laut, vetsin atau MSG, dan sebagainya), tidak tahan dengan obat-obatan berbahan dasar zat kimia (sabun, obat-obatan, detergen jenis atau merek tertentu, kosmetik, dan sebagainya), gangguan iklim atau cuaca, debu, kondisi lingkungan atau ruangan.

Orang yang berbakat alergi akan memiliki resiko terkena kulit eksim daripada mereka yang tidak. Hal ini akan terus berulang-ulang kambuh meskipun sebelumnya sudah diobati sampai sembuh. Menemukan dan menghindari alergen (penyebab alergi) sebisa mungkin dirasa hal yang paling baik untuk mengatasi kulit eksim.

2. Bisul (furunkel)
Bisul atau furunkel adalah kondisi dimana terdapat benjolan pada kulit yang memerah dan akan membesar. Benjolan ini berisi nanah dan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi ke arah yang lebih parah jika tidak segera ditangani dengan benar. Bisul biasanya tumbuh pada bagian tubuh yang lembab, seperti pangkal paha, ketiak, leher, kulit kepala, dan sebagainya. Bisul disebabkan oleh kuman dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh melalui kelenjar minyak dan menginfeksi kulit. Faktor utama yang menjadi penyebab bisul adalah kurangnya menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan sekitar.

3. Campak (rubella)
Campak adalah penyakit yang biasanya menyerang anak-anak dan disebabkan oleh virus. Penyakit ini menular dan disertai oleh gejala-gejala seperti demam, bersin, pusing, mual, batuk-batuk, dan kehilangan nafsu makan. Kira-kira satu minggu, kondisi tersebut diatas menjadi semakin parah disertai ruam-ruam merah pada kulit yang membesar atau meluas dan menyebar ke seluruh tubuh.

4. Kudis (skabies) dan kurap
Kudis atau skabies merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh parasit tungau sarcoptes scabiei var hominis. Parasit ini menyebabkan rasa gatal yang tak tertahankan khususnya pada malam hari. Orang yang tinggal di pemukiman padat penduduk atau perkampungan kumuh memiliki resiko terkena penyakit ini lebih besar daripada mereka yang hidup di lingkungan yang sehat dan bersih. Kudis “suka” menghinggapi bagian-bagian tubuh yang lembab dan tertutup.

Selain itu, penyakit kulit yang satu ini adalah yang paling mudah menular ke orang lain misalnya dengan pemakaian handuk bersamaan dengan si penderita. Hal yang paling baik adalah dengan menghindari faktor penyebabnya dengan rajin menjaga kebersihan tempat tinggal maupun kebersihan tubuh kita.

Sedangkan kurap yakni kondisi dimana terjadinya penebalan pada kulit yang membentuk lingkaran atau melingkar yang kemudian akan bersisik, gatal, dan berair. Kondisi ini akan diperparah dengan timbulnya bercak-bercak putih di sekitar kurap. Leher, tengkuk, dan kulit kepala merupakan daerah yang rawan dihinggapi oleh si kurap.

5. Jerawat
Jerawat merupakan kondisi yang paling sering ditemui oleh mayoritas orang, hampir 80% orang di seluruh dunia mengalami yang namanya kulit berjerawat. Jerawat merupakan kelainan kulit yang disebabkan oleh bakteri yang tumbuh di bawah kulit dan dapat terus berkembang atau menyebar jika tidak segera dilakukan pengobatan yang tepat. Jerawat tidak hanya tumbuh di wajah, namun juga bisa muncul di seluruh permukaan kulit tubuh, termasuk leher, dada, perut, punggung, paha, dan sebagainya (terutama punggung).

6. Melanoma.
Penyakit yang satu ini sangatlah berbahaya jika tidak ditangani secara bahkan bisa menimbulkan kematian bagi penderitanya. Melanoma merupakan salah satu jenis kanker kulit yang memiliki ciri khusus diantaranya adalah membesarnya tahi lalat yang ada pada kulit. Jika tahi lalat tersebut berada pada daerah sekitar leher atau kulit kepala maka akan sangat bagi penderitanya. Selain tahi lalat tersebut membesar, kulit di sekitarnya pun juga mengalami peradangan yang parah.

7. Impetigo
Salah satu penyakit menular yang harus di waspadai, penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang berkembang biak pada jaringan kulit. Ciri-ciri yang terjadi pada penderita impetigo adalah munculnya benjolan kecil yang berisi cairan (benjolan ini menyerupai kulit yang melepuh). Jika hal ini dibiarkan maka pada kulit yang ada disekitar benjolan tersebut akan berwarna kemerah-merahan dan rasa gatal yang sangat menyiksa. Penyakit ini umumnya menyerang balita yang berumur dibawah 5 tahun, namun orang dewasa pun juga akan terserang jika tidak memperhatikan kebersihan tubuh.

8. Psoriasis
Merupakan salah satu penyakit bawaan atau keturunan. Ciri-cirinya hampir mirip dengan penyakit kulit eksim, namun juga menyerang pada bagian kulit kepala, punggung serta telapak tangan dan kaki. Penyakit jenis ini akan sangat mudah membesar jika penderitanya menggaruk bagian munculnya penyakit tersebut, selain itu kekurangan kalsium juga dapat memperparah kondisi psoriasis

Jenis-jenis Penyakit Kulit dan Penyebabnya

Itulah beberapa penyakit kulit yang harus anda waspadai. Pada dasarnya, jika kita menjaga kebersihan kulit kita agar tetap sehat dan segar maka penyakit-penyakit diatas akan mudah untuk dicegah sebelum bertambah parah. Semoga beberapa informasi tentang jenis-jenis penyakit kulit beserta penyebabnya ini bermanfaat untuk kita.

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.