Kesehatan
Kecantikan
Penyakit
Resep
Tips dan trick
Home » Penyakit

Kram Otot – Penyebab dan Cara Mengatasinya

Submitted by on October 30, 2012 – 3:30 pmNo Comment

Kram Otot yang sering anda alami, saat kita memiliki aktifitas yang padat, apalagi bila kita adalah seorang olahragawan tentu kita dituntut untuk memiliki stamina yang baik. Beberapa langkah efektif berikut dapat dilakukan untuk pencegahan kram atau kejang otot selama beberapa menit. Hal ini biasanya terjadi pada saat sedang latihan.

Penyebab kram otot yang sering terjadi :
1. Kurang pemanasan sebelum berolahraga
2. Dehidrasi
3. Overheating
4. Kekurangan natrium
5. Kekurangan potasium
6. Kekurangan kalsium

Cara mengatasi kram otot dari penyebab diatas :
1. Melakukan pemanasan sebelum mulai berolahraga
Hal yang paling efektif yang bisa dilakukan untuk mencegah kram otot adalah dengan melakukan pemanasan terlebih dahulu. Hal ini penting karena pemanasan akan membantu mempersiapkan otot-otot tubuh sebelum berolahraga atau latihan utama. Untuk itu, sebaiknya anda melakukan pemanasan dan peregangan selama 5-10 menit sebelum berolahraga. Selain mempersiapkan tubuh, pemanasan akan memperlancar peredaran darah dan mencegah terjadinya kram otot.

2. Jangan dehidrasi saat anda berolahraga
Kram otot juga bisa disebabkan oleh faktor lain seperti dehidrasi. Untuk itu, anda sebaiknya mengkonsumsi cukup air sebelum berolahraga. Mayoritas orang meminum cukup air sebelum melakukan latihan utama sehingga mereka terhindar dari kram otot. Selain mencegah dehidrasi, asupan air juga sangat diperlukan untuk menjaga kinerja organ-organ tubuh dan mempertahankan kesehatan tubuh.

3. Cegah Overheating
Selain kedua faktor diatas, kram otot juga bisa disebabkan oleh overheating. Perpaduan antara suhu tubuh yang meningkat dan dehidrasi (menurunnya kadar air) akan menyebabkan tubuh lebih rentan terjadinya kram pada otot. Salah satu cara untuk mencegah kram pada otot adalah meminum air sebanyak-banyaknya disela-sela latihan.

Kram Otot

Kram Otot

4. Cukupi Kebutuhan Natrium
Natrium merupakan salah satu dari jenis elektrolit yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Elektrolit berperan dalam menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Kekurangan kadar natrium pada tubuh akan menyebabkan terjadinya kram otot. Untuk itu, sebelum berolahraga sebaiknya anda mengkonsumsi cairan yang mengandung natrium, protein, dan karbohidrat yang cukup.

5. Cukupi Kebutuhan Potasium
Jenis elektrolit lain yang dibutuhkan tubuh selain yang diatas yakni potasium. Potasium dibutuhkan tubuh karena kadar potasium yang kurang dalam tubuh dapat meningkatkan resiko terkena kram otot. Potasium dapat menghilang dalam tubuh seiring keluarnya keringat dari dalam tubuh. Ikan, kentang, wortel, dan ubi merupakan beberapa jenis makanan yang dapat dikonsumsi untuk memenuhi asupan potasium pada tubuh. Selain itu, tubuh yang kekurangan potasium juga akan kekurangan energi disaat sedang melakukan latihan.

6. Cukupi Kebutuhan Kalsium
kalsium sangat penting dibutuhkan tubuh baik untuk kesehatan gigi dan kepadatan tulang sebagai alat penyokong tubuh. Selain itu, fungsi kalsium yang lain yakni berperan penting untuk memaksimalkan kinerja otot saat latihan. Sehingga kekurangan asupan kalsium bagi tubuh, dapat meningkatkan resiko terkena kram pada otot.

Setelah anda melakukan 6 langkah diatas, pasti anda akan terhindar dari kram otot.

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.