Kesehatan
Kecantikan
Penyakit
Resep
Tips dan trick
Home » Kesehatan

Manfaat brokoli bagi kesehatan dan pencegah penyakit lupus

Submitted by on April 14, 2012 – 12:06 amNo Comment

Manfaat brokoli bagi kesehatan - brokoli, sayuran berwarna hijau segar yang sangat cocok dihidangkan sebagai penambah isi sayur sop dan capjay di meja makan anda ini ternyata memiliki beberapa kandungan gizi yang sangat berguna bagi tubuh anda. Brassica oleracea adalah nama latinnya, asal mulanya dari daerah yang ada di sekitar laut tengah. Pembudayaan brokoli di sana dimulai sejak masa yunani kuno, namun sekitar tahun 1970 sayuran ini baru masuk ke indonesia. Brokoli bisa dimakan setelah anda kukus atau anda rebus. Jadi tidak harus menjadikannya sebagai bahan sayuran. Berikut beberapa manfaat brokoli yang patut anda ketahui:

Manfaat brokoli bagi kesehatan

  1. Vitamin C. Beberapa peneliti menyatakan bahwa brokoli ternyata mengandung vitamin C dalam jumlah yang sangat tinggi, kadarnya yakni 94% per 100 gr. Takaran ini bahkan melebihi kandungan vitamin C pada jeruk mandarin sekalipun. Beberapa kerja reaksi kimia dalam tubuh menuntut kebutuhan vitamin C dalam jumlah yang cukup. Selain itu, vitamin C juga berfungsi sebagai penjaga imunitas tubuh, misalnya bagi anda yang terserang flu, perbanyaklah asupan vitamin bisa dengan melalui mengkonsumsi brokoli.
  2. Sumber penambah darah. Brokoli dikatakan sebagai sayuran yang berfungsi sebagai sumber penambah darah yang baik. Hal ini dikarenakan kandungan zat besi di dalam brokoli sangat tinggi sehingga akan meningkatkan produksi sel darah merah atau hemoglobin dalam tubuh. Sehingga, bagi anda para penderita anemia, jangan segan-segan untuk mengkonsumsi brokoli dalam porsi yang cukup.
  3. Sumber kalsium. Khasiat brokoli selanjutnya yakni sebagai sumber kalsium. Selain kedua zat diatas, kalsium juga sangat dibutuhkan tubuh. Bahkan, brokoli dipercaya mengandung kalsium dalam jumlah yang lebih banyak daripada kalsium yang terkandung dalam segelas susu yang anda konsumsi.
  4. Menjaga keseimbangan kadar gula darah. Mengkonsumsi brokoli sangat disarankan khususnya bagi anda penderita diabetes. Hal ini dikarenakan serat yang terkandung di dalam brokoli mengandung zat yang bekerja secara aktif menjaga dan menurunkan kadar gula dalam darah. Bagi anda penderita diabetes, cobalah mengkonsumsi brokoli untuk menjaga kestabilan gula dalam darah anda!
  5. Mengurangi resiko terkena beberapa jenis penyakit berbahaya. Selain beberapa khasiat diatas, brokoli juga mencegah beberapa penyakit berbahaya yakni kanker, tumor, jantung, stroke, dan lupus. Di negara-negara maju, konsumsi jus brokoli sangat disarankan bagi pasien penderita kanker karena brokoli dipercaya sebagai zat anti kanker  Mengkonsumsi brokoli juga dipercaya menurunkan resiko terkena tumor jantung dan stroke sebesar 70%. Berita baiknya lagi, studi laboratorium dunia kedokteran menyatakan brokoli memperpanjang harapan hidup penderita lupus, yakni sejenis penyakit yang diakibatkan oleh penurunan daya tahan tubuh.

Manfaat brokoli bagi kesehatan

 

Sudah tahukan Manfaat brokoli bagi kesehatan.

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.