Kesehatan
Kecantikan
Penyakit
Resep
Tips dan trick
Home » Kesehatan

Manfaat Donor Darah bagi Sang Pendonor

Submitted by on March 28, 2012 – 9:13 amNo Comment

Manfaat donor darah – bagi kesehatan sang pen-donor darah. Donor darah, sebuah proses dimana kita menyumbangkan darah kita pada orang lain yang membutuhkan. Suatu pekerjaan yang mulia. Banyak orang beranggapan bahwa donor darah membuat kita lemas dan tak bergairah namun dibalik semua itu, manfaat donor darah sungguh luar biasa bagi sang penerima darah maupun sang pen-donor darah. Fungsi darah itu sendiri pun sangat penting salah satunya membawa kadar oksigen yang telah dicuci oleh jantung ke seluruh jaringan tubuh. Masa aktif darah kita selama 120 hari saja setelah itu akan dihancurkan oleh tubuh. Jadi saran saya donor kan darah anda setiap 3 bulan sekali. Untuk lebih jelasnya silahkan baca manfaat donor darah di bawah ini.

Manfaat donor darah :

  1. Meningkatkan kemampuan memproduksi sel darah merah. Saat anda mendonorkan darah anda, tentu anda akan kehilangan sel darah merah anda. Tetap anda tak perlu khawatir kehabisan sel darah merah ini. Ketika anda mendonorkan darah anda secara otomatis sumsum tulang belakang anda akan bekerja untuk menghasilkan sel darah merah yang baru. Jadi jika anda rutin donor darah setiap 3 bulan sekali akan membuat anda lebih sehat karena adanya sirkulasi pergantian sel darah merah.
  2. Selain itu manfaat donor darah juga untuk menurunkan berat tubuh. Salah satu cara yang dilakukan para wanita untuk menurunkan berat badannya setelah kehamilan. Dengan mendonor darah sebanyak 500 ml maka tubuh akan melakukan pembakaran sekitar 700 kalori.
  3. Menurunkan resiko penyakit jantung. Hal ini terjadi karena tingginya zat besi dalam darah kita. Penjelasannya sebagai berikut, ketika zat besi yang terkandung dalam darah kita memiliki kadar yang tinggi / berlebihan maka akan terjadi oksidasi kolesterol. Zat yang tercipta dari hasil oksidasi tersebut akan menumpuk pada dinding arteri jantung kita. Dengan penumpukan tersebut akan menyebabkan tersumbat nya pembuluh darah pada jantung kita dan akibatnya sangatlah fatal (serangan jantung dan stroke). Maka dari itu mendonorkan darah kita merupakan cara menurunkan resiko serangan jantung dan stroke.
  4. Mengetahui penyakit berbahaya. Saat anda mendonorkan darah, darah anda tidak langsung digunakan / diberikan pada penerima donor tetapi darah anda akan di cek terlebih dahulu. Pengecekan tersebut lebih mengarah pada penyakit yang terkandung dalam darah anda seperti hepatitis, malaria, HIV dan lain-lain. Informasi seperti ini sangatlah penting bagi penerima darah (untuk mengantisipasi penularan penyakit). Sedangkan bagi anda (sang pendonor), informasi tersebut dapat anda gunakan sebagai acuan untuk mengetahui kondisi kesehatan anda. Jadi anda bisa lebih memperhatikannya. Sungguh luar biasa
  5. Menentramkan jiwa. Mendonorkan darah memiliki efek yang baik untuk kesehatan psikologi kita. Rasa senang dan bahagia karena bisa membantu orang lain. Itulah manfaat donor darah yang dapat saya sampaikan.

Manfaat donor darah

Mari kita donor kan darah kita, se-tetes darah kita sangat berharga untuk mereka. Selain itu kita juga mendapatkan hal yang positif dari manfaat donor darah.

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.