Kesehatan
Kecantikan
Penyakit
Resep
Tips dan trick
Home » Kesehatan

Manfaat mentimun untuk Penderita Hipertensi

Submitted by on March 21, 2012 – 4:53 pmNo Comment

Manfaat mentimun – khasiat mentimun bagi kesehatan tubuh kita. mentimun nama latinnya adalah Cucumis sativus. Semua dunia mengenal mentiun. Selain segar untuk di konsumsi, mentimun juga memiliki manfaat yang luar biasa. Mentimun adalah jenis sayuran hijau segar dan sangat cocok dikonsumsi sebagai lalapan dan teman makan sambal. Berikut beberapa kandungan gizi atau manfaat yang terdapat dalam mentimun:

Berikut Manfaat mentimun :

  • Membantu memperlancar BAB. Beberapa bagi anda yang mengalami kesulitan buang air besar, cobalah mengonsumsi segelas atau dua gelas jus mentimun dalam sehari. Mentimun ini bersifat laktasit yang baik, sehingga tinja yang keluar akan lunak dan mudah dikeluarkan oleh tubuh. Selain itu, mentimun ini juga mengandung mineral yang cukup bamyak dan jenis mineral yang dominan yakni kalium dan silika. Peran silika sangat penting bagi tubuh karena zat mikro yang terkandung dalam mineral ini berperan dalam kerja otot, saraf, dan tulang.
  • Mengurangi tekanan darah. Secara empiris, mentimun sering kita dengar sebagai penurun tekanan darah. Seseorang penderita darah tinggi atau hipertensi dan mengalami tekanan darah tinggi drastis dikarenakan mengkonsumsi jenis-jenis makanan lemak jenuh yang tinggi seperti seafood, daging, dan telur. Namun, bagi mereka penderita hipertensi ini diimbangi dengan mengkonsumsi jus mentimun, tekanan darah yang dikhawatirkan tidak akan meningkat secara drastis. Zat yang terkandung dalam mentimun dan berfungsi menurunkan tekanan darah tidak lain adalah pengaruh dari kandungan kalium dan natrium. Selain itu, kalium juga bermanfaat sebagai pembersih darah. Darah bersih yakni darah yang kaya oksigen akan memicu kerja jantung secara optimal sehingga tidak akan terjadi peningkatan tekanan darah. Mentimun juga bersifat sebagai peluruh kencing atau istilah lain disebut sebagai diuretik. Terutama bagi penderita hipertensi atau darah tinggi, tekanan air yang tinggi pada ginjal sangat dianjurkan untuk dihindari sebisa mungkin. Jika pembuangan urine lancar, ginjal tidak akn merasa terbebani dan secara tidak langsung akan mencegah kenaikan tekanan darah.
  • Menjaga kesehatan kulit. Beberapa ahli kecantikan mengatakan bahwa mentimun sangat berperan dalam menjaga kesehatan kulit dan meremajakannya. Hal ini dikarenakan sifat mentimun yang dingin dan segar sangat dibutuhkan untuk menjaga kulit tetap lembab. Mentimun juga mengandung zat yang disebut caffeic acid yang mencegah peradangan pada kulit dan silika yang berguna dalam menjaga kekenyalan pada kulit kita. Kadar vitamin C yang tinggi yang terdapat dalam mentimun juga dapat mengurangi efek negatif akibat sinar surya yang langsung terkena kulit sehingga vitamin C juga bersifat sebagai antioksidan. Bagi anda yang terkena sinar matahari langsung dalam aktivitas keseharian anda, anda bisa mencegahnya dengan mencuci muka dan merawat kulit anda dengan parutan mentimun yang masih segar. Saat pelupuk mata anda terlihat bengkak, cobalah kompres dengan mentimun karena caffeic acid yang terkandung dalam mentimun ini akan menyusutkan bagian tubuh yang bengkak.

Manfaat mentimun

Sekian manfaat mentimun dari saya, semoga bermanfaat. Saya tunggu kritik serta saran anda pada artikel Manfaat mentimun ini.

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.