Kesehatan
Kecantikan
Penyakit
Resep
Tips dan trick
Home » Kesehatan

Nutrisi pada lansia

Submitted by on March 20, 2012 – 5:42 pmNo Comment

Nutrisi pada lansia. kebutuhan nutrisi pada lansia. 40 tahun keatas adalah usia yang menunjukkan kerentanan organ tubuh kita (masa lansia). Semakin kita bertambah usia tentu nutrisi dan gizi yang diperlukan tubuh kita berbeda dengan nutrisi yang kita butuhkan saat kita berumur belasan. Dibawah ini merupakan kumpulan nutrisi pada lansia.

Berikut nutrisi pada lansia adalah :

  • Hindari makanan yang menyebabkan stroke dan makanan yang dapat menyebabkan hipertensi. Kurangi terlalu banyak mengkonsumsi natrium kemudian perbanyak mengkonsumsi kalium. Kalium dapat anda peroleh dari buah pisang, brokoli dan kentang. Ketiganya memiliki kandungan kalium yang tinggi. Dengan mengkonsumsi buah serta syuran tersebut akan membantu meningkatkan pengeluaran urine pada tubuh kita. Sehingga dapat menurunkan resiko terkena serangan hipertensi dan stroke.
  • Perbanyak mengkonsumsi air putih. Dengan memenuhi kebutuhan air putih dalam tubuh kita yaitu 2 liter perhari akan mencegah dehidrasi. Selain itu harus didukung dengan mengurangi konsumsi berlebih pada akohol, teh dan kopi.
  • Menambah asupan makanan yang mengandung kalsium. Seiring dengan menurunnya kadar laktosa dalam tubuh kita para ahli menyarankan untuk meminum susu setiap harinya. Karena susu merupakan penyedian kalsium yang baik. Kebutuhan kalsium untuk pria minimal 1.000 mg perhari sedangkan untuk wanita minimal 1.200 perhari.
  • Lancarkan proses pencernaan anda. Dengan cara mengkonsumsi buah dan sayuran yang banyak mengandung serat. Serat sangat berguna untuk menormalkan kembali kerja usus kita dan mengurangi terjadinya peradangan gastrointestinal.
  • Makan bayam atau vitamin A dari makanan lain. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan gangguan pada mata kita. Sehingga memperbanyak konsumsi vitamin A dari sayuran dan buah – buahan saat di sarankan di usia senja.
  • Makanlah makanan yang banyak mengandung vitamin B12 seperti telur dan daging. Vitamin B12 sangat dibutuhkan untuk mempercepat pembentukan sel darah merah.
  • Kurangi makanan berlemak.
  • Satu lagi yang penting, olahraga. Pembakaran kalori saat usia senja sangatlah dibutuhkan. Kalori yang menumpuk dalam tubuh menyebabkan resiko terjangkit penyakit jantung, osteoporosis dan diabetes.

Nutrisi pada lansia

Semoga coretan tentang nutrisi pada lansia dapat menambah wawasan kita.

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.