Kesehatan
Kecantikan
Penyakit
Resep
Tips dan trick
Home » Kecantikan

OLAHRAGA YANG TEPAT UNTUK IBU HAMIL

Submitted by on July 8, 2012 – 12:00 amNo Comment

Olahraga yang tepat untuk Ibu hamil – olahraga adalah hal yang sangat baik untuk dilakukan apalagi bagi ibu yang sedang hamil atau melahirkan. Olahraga memiliki banyak macam, ada olahraga berat ada juga yang ringan, ada yang menggunakan otot dan ada yang menggunakan otak. Lalu olahraga yang manakah yang cocok untuk ibu hamil? Olahraga yang tepat untuk ibu dalam keadaan sedang mengandung adalah olahraga yang tidak membutuhkan tenaga yang banyak, namun menggerakkan seluruh otot-otot pada tubuh. Penasarankan? Silahkan simak berikut ini. Jangan sampai ada yang terlewatkan.

Berikut olahraga yang tepat untuk Ibu hamil:

  • Berenang. Olahraga renang sebaiknya dilakukan untuk menjaga kesehatan ibu hamil. Apalagi, jika usia kehamilan anda belum begitu besar/perut yang belum begitu membesar. Namun, sebaiknya anda juga tidak memaksakan diri atau tenaga jika tidak disertai dengan peregangan atau pemanasan terlebih dahulu. Berenang diyakini sebagai jenis olahraga yang terbaik selama kehamilan. Dikatakan demikian karena dengan berenang, semua anggota tubuh bergerak. Selain itu, berenang juga dapat memperlancar peredaran darah dan menghilangkan stress. Stress yang diderita ibu selama kehamilan rentan terhadap kondisi bayi yang sedang dikandung. Di dalam air, tubuh akan terasa seperti kehilangan beban dan akan memberikan efek relaksasi pada otot-otot pada dinding rahim dan sekitar bagian perut.
  • Senam. Senam sangat dianjurkan dilakukan oleh ibu hamil sekitar usia 3 bulan kehamilan. Sebaiknya, anda melakukan senam khusus untuk ibu hamil yang dipandu oleh pelatih senam yang sudah berpengalaman. Tinggalkan latihan- latihan yang berat yang menekankan beban pada perut seperti sit up karena dapat merusak peredaran darah menuju ke rahim/janin. sebaiknya, gunakan pakaian yang nyaman dan longgar selama senam kehamilan agar anda dapat bergerak bebas dan mempermudah sirkulasi udara pernafasan. Beberapa hal yang harus diperhatikan selama melakukan latihan senam kehamilan diantaranya: mempelajari gerakan-gerakan dalam latihan secara rutin, bersikap fleksibel dalam berlatih senam, cermat menentukan mana yang seharusnya dilakukan dan mana yang tidak, jangan memaksakan diri jika merasa kelelahan, serta atur sistem pernafasan secara intens selama berlatih senam.
  • Bersepeda. Bersepeda merupakan jenis latihan aerobik yang sangat baik bagi tubuh. Hal ini dikarenakan orang yang rutin bersepeda setiap harinya cenderung terhindar dari serangan jantung, paru-paru, dan varises. Namun, anda harus memastikan bahwa sepeda anda dalam kondisi baik sebelum anda memulai menggunakannya. Pastikan juga anda bersepeda pada keadaan jalan yang baik, menghindari tanjakan(selama hamil), suasana yang sejuk dan asri, serta bebas dari kemacetan lalu lintas.
  • Berlari dan Jogging. Untuk olahraga berlari dan jogging, disarankan dilakukan pada ibu hamil dengan keadaan tubuh yang sangat bugar mengingat kondisi ibu hamil sangat relatif dari satu orang ke orang yang lain. Jika kondisi anda sedang lemah dan mual-mual, sebaiknya anda menghindari olahraga ini. Jika memungkinkan, berkonsultasi lah pada dokter dengan keadaan anda yang demikian apakah diperbolehkan untuk melakukan jogging atau tidak. Jikapun boleh, sebaiknya anda tidak melakukannya dengan terlalu keras, bisa dengan berlari dengan kecepatan lambat atau jalan cepat pada medan yang berumput. Jangan lupa lakukan warming up dan cooling down sebelum dan setelah berolahraga.
  • Yoga. Mayoritas ibu hamil mengaku bahwa yoga adalah jenis olahraga yang paling baik dan sesuai dilakukan selama kehamilan. Selain merenggangkan otot-otot tubuh, yoga juga berperan dalam pengendalian kontraksi rahim, mengontrol pernafasan, dan memberikan efek relaksasi sehingga memberikan perasaan tenang dan damai bagi ibu hamil. Prinsip dasar dalam yoga yakni meditasi dan ansana. Ansana adalah sikap tubuh yang dengan gerak lamban dan terkendali. Dengan melakukan gerakan-gerakan ansana secara teratur, tubuh menjadi lentur dan mampu menyelaraskan jiwa dan raga secara sempurna. Dengan ketenangan pikiran yang diperoleh oleh si ibu, secara tidak langsung hal ini akan memberikan pengaruh-pengaruh yang positive pada kondisi janin yang sedang dikandungnya.

Olahraga yang tepat untuk Ibu hamil

Bagaimana, sudah tahukan apa saja olahraga yang tepat itu? Jika artikel ini bermanfaat untuk anda dimohon untuk memberikan like pada artikel ini atau men-share kepada teman yang lain. Itulah yang dapat kami sampaikan tentang olahraga yang tepat untuk ibu hamil.

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.