Kesehatan
Kecantikan
Penyakit
Resep
Tips dan trick
Home » Penyakit

Penyakit Batu Ginjal Yang Harus Kita Waspadai

Submitted by on October 7, 2012 – 7:47 amNo Comment

Penyakit batu ginjal – Ginjal merupakan salah satu dari beberapa organ vital pada manusia yang sangat penting untuk kita jaga. Ginjal merupakan organ tubuh yang berpasangan terletak di tubuh bagian belakang rongga perut. Ginjal berfungsi sebagai penyaring darah dan membuang zat-zat yang tidak digunakan lagi setelah proses metabolisme yang kemudian dikeluarkan dalam bentuk urine. Selain itu, ginjal juga berfungsi mengatur keseimbangan tekanan darah dan elektrolit tubuh.

Produksi urine yang dihasilkan oleh ginjal perharinya dalam setiap orang pun juga akan berbeda-beda. Pada orang yang memiliki aktivitas penuh namun kurangnya asupan cairan yang masuk dalam tubuh akan membuat kerja ginjal menjadi lebih keras. Akibatnya, ginjal akan menahan cairan tersebut agar untuk cairan dan elektrolit dalam tubuh. Urine yang akan dihasilkan akan berwarna keruh, pekat, dan jumlah yang sedikit. Sebaliknya, orang yang mengkonsumsi air dalam jumlah cukup perharinya akan mempermudah kerja ginjal. Ginjal tidak akan khawatir tubuh kekurangan cairan dan urine yang dihasilkan pun akan keluar dalam jumlah yang banyak, lancar, putih, encer, dan bening.

Salah satu penyakit yang ditimbulkan jika kita terbiasa dengan pola hidup yang kurang memperhatikan jumlah cairan yang masuk dalam tubuh dan “memperkeras” kerja ginjal yakni penyakit batu ginjal dan gangguan saluran kandung kemih. Apalagi jika orang tersebut beraktivitas dalam keadaan duduk yang terlampau lama, maka resiko untuk terkena penyakit batu ginjal akan semakin tinggi.

Penyakit batu ginjal dan saluran kandung kemih bermula dari adanya kristal-kristal kecil yang saling tarik-menarik antara kristal yang satu dengan lainnya sehingga membentuk batu yang seiring berjalannya waktu batu tersebut dapat membesar dan membentuk batu ginjal. Apabila batu ginjal sudah membesar dan tubuh dapat merasakan keluhan atau gejala pada daerah pinggang belakang, maka batu tersebut berkemungkinan untuk menyumbat saluran kemih. Batu ini berasal dari bahan kalsium dan berikatan dengan bahan yang lainnya seperti oksalat. Oleh karenanya, batu ginjal sering ditemui pada orang yang terlalu intens mengkonsumsi oksalat seperti yang terdapat pada teh, kopi, soft drink, kokoa, dan sayur bayam. Kemungkinan lain terdapat pada orang yang obesitas dan terlalu sering mengkonsumsi daging.
Keluhan yang dirasakan oleh setiap penderita batu ginjal juga akan berbeda-beda tergantung dimana letak batu tersebut. Jika nyeri yang dikeluhkan terletak pada ginjal itu sendiri, maka nyeri dan rasa sakit terdapat pada pinggang bagian belakang. Sedangkan jika nyeri yang dirasakan ketika sedang buang air kecil, maka batu tersebut terletak pada kandung kemih.

Penyakit Batu Ginjal

Pada kasus yang akut, penderita sakit batu ginjal juga akan mengalami yang namanya kencing darah. Hal ini bisa terjadi jika beberapa partikel batu tersebut saling bergesekan pada waktu kencing. Sebaiknya, kondisi ini harus segera diatasi ke dokter dan melakukan beberapa tahapan pengobatan, terdapat beberapa opsi seperti mengkonsumsi pil pemecah batu ginjal atau dilakukan pembedahan. Namun, hal yang paling baik yang bisa kita lakukan sebagai pencegahan yakni dengan membiasakan diri melakukan pola hidup sehat. Biasakan diri anda untuk mengkonsumsi cairan dalam jumlah yang cukup per harinya, apalagi jika kerja atau aktivitas anda mengharuskan untuk duduk selama berjam-jam. Itulah bahaya dari penyakit batu ginjal.

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.