Kesehatan
Kecantikan
Penyakit
Resep
Tips dan trick
Home » Penyakit

Penyakit Lupus Hindari Sedini Mungkin !!!

Submitted by on November 7, 2012 – 9:49 amNo Comment

Penyakit lupus merupakan jenis penyakit yang baru ditemukan dalam dunia medis dan merupakan penyakit mematikan yang tingkat keganasannya setara dengn kanker. Banyak penderita penyakit ini yang berujung pada kematian dan tidak bisa tertolong lagi meskipun dengan pengobatan sekalipun. “anjing hutan” adalah pengertian secara bahasa dari kata penyakit lupus. Penyakit lupus memiliki beberapa gejala dan gejala tersebut dikenal sebagai Lupus Eritomatosus Sistemik (LES).

Beberapa gejala penyakit lupus diantaranya sebagai berikut :

  • Menderita kelainan kulit seperti; kulit mudah gosong akibat terkena sinar matahari, muncul ruam/ bercak-bercak merah disekitar wajah (membentang di pipi dan hidung atau disebut butterfly rash) dan lengan.
  • Timbulnya masalah pencernaan.
  • Rasa panas yang berkepanjangan.
  • Mudah lelah, letih yang berlebih, demam, dan badan sering pegal-pegal.
  • Kerontokan pada rambut.
  • Nyeri dan bengkak pada persendian.
  • Sering menderita sariawan.
  • Menyerang organ-organ dalam yang vital.
  • Anemia, karena sel darah merah digerogoti oleh penyakit lupus.
  • Gangguan janin (pasca melahirkan) dan gangguan pada sistem organ.

Penyebab penyakit lupus, beberapa diantaranya yakni :

  • Genetika, dapat diturunkan dari orang tua, kakek-nenek, atau buyut. Wanita memiliki resiko 7 sampai 10 kali lebih rentan dari pada pria. Apalagi pada usia-usia produktif wanita 17-50 tahun. Memang ada kasus penderita lupus pada pria namun hal ini sangat jarang ditemui. Jika wanita tersebut menderita penyakit lupus pada saat hamil atau melahirkan, maka besar kemungkinan dokter akan menganjurkan untuk melakukan sistem aborsi demi kebaikan keduanya, atau jika tidak si jabang bayi akan meninggal dunia ketika dilahirkan.
  • Memiliki sistem imunitas yang berlebihan. Kelebihan sistem imun inilah yang menyebabkan beberapa organ vital dalam tubuh dianggap benda asing dan akan digerogoti termasuk sel-sel darah merah. Selain jaringan kulit, sistem imun ini juga akan mendeteksi benda-benda asing dan merusak jaringan ginjal, paru-paru, sistem syaraf, hati, sistem pencernaan, indra penglihat, indra pendengaran, bahkan sampai otak.
  • Faktor lain yakni karena infeksi, pemakaian obat-obatan berlebih, pemakaian pil KB berlebih, dan kurang bisa melakukan management stress yang baik.
Penyakit Lupus

Penyakit Lupus

Harapan untuk kesembuhan total dari penyakit lupus tampaknya akan sangat kecil. Untuk saat ini, tenaga medis lebih menekankan pengobatan yang bertujuan untuk mencegah penyebaran atau meluasnya penyakit ini ke seluruh tubuh agar tidak menyerang semua organ-organ vital di dalam tubuh. Itulah sekedar informasi tentang penyakit lupus.

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.