Kesehatan
Kecantikan
Penyakit
Resep
Tips dan trick
Home » Penyakit

Penyakit Paru-Paru Basah yang Berbahaya

Submitted by on June 9, 2012 – 5:56 amNo Comment

Penyakit Paru-Paru Basah – paru-paru adalah sebuah organ atau sistem pernapasan yang bertugas untuk memasok kebuthan oksigen dalam tubuh kita. Apa jadinya jika paru-paru kita mengalami masalah. Tentu akan sangat menyiksa hidup kita. Sebenarnya banyak penyakit yang dapat menimpa paru-paru kita, namun disini endramaulana.com hanya membagikan informasi tentang seputar penyakit paru-paru basah. Berikut ulasannya.

Penyakit paru-paru basah:

  • Faktor dan Gejalanya

Pneumonia, orang lebih mengenalnya dengan istilah paru-paru basah atau radang paru-paru, adalah salah satu kelainan pada sistem pernafasan manusia. Penyakit ini sangat rentan kita temui mengingat pola hidup masyarakat yang mayoritas tidak sehat. Penyakit ini disebabkan oleh berbagai hal, seperti misalnya infectious pneumonia(disebabkan oleh infeksi viral, bakteri, atau fungal), aspiration pneumonia (disebabkan karena organ pernafasan yang terisi air dalam jumlah yang overload atau tenggelam), allergic pneumonia (disebabkan oleh alergi terhadap hal-hal tertentu), dan chemical pnemonia (disebabkan oleh menghirup zat-zat kimia berbahaya).

Gejala-gejala yang sering ditimbulkan dari penderita pneumonia yakni batuk-batuk yang tidak kunjung sembuh dalam waktu yang relatif lama, sulit bernafas, sakit kepala, radang tenggorokan, pita suara berlendir, rasa sakit atau nyeri di bagian dada, nafsu makan berkurang, sesak nafas, batuk berdarah, demam tinggi, dan gangguan pernafasan. Hal ini dikarenakan alveolus, kantong-kantong udara yang terletak pada ujung paru-paru dan merupakan tempat terjadinya pertukaran gas oksigen (O2) dan karbondioksida (CO2), terisi penuh oleh nanah dan cairan sehingga penyerapan oksigen dalam tubuh penderita tidak bisa terproses secara maksimal. Hal ini bisa dirasakan pada saat si penderita mengambil nafas panjang atau dalam.

Beberapa ahli medis menyebutkan bahwa penyakit ini disebabkan oleh beberapa jenis infeksi, namun yang menjadi penyebab utamanya yakni bakteri, virus, mikroplasma, jamur, dan bahan-bahan kimia. Pneumonia muncul ketika bakteri, virus, dan faktor-faktor lain tersebut di atas terhirup oleh saluran pernafasan kita. Apalagi jika didukung oleh lingkungan yang sedang tidak sehat. Resiko terkena pneumonia juga akan menjadi semakin besar ketika kita berada di dekat penderita. Pneumonia juga bisa menyebabkan kematian mengingat pneumonia merupakan salah satu jenis penyakit yang berbahaya.

  • Jenis-Jenis Pneumonia

Berdasarkan faktor yang ditimbulkan, terdapat dua klasifikasi besar dari penyakit pneumonia, yakni pneumonia bakteri dan pneumonia virus.

  1. Pneumonia Bakteri. Bakteri janis Streptococcus pneumonia adalah yang disebut-sebut sebagai penyebab utama pneumonia jenis ini. Pneumonia bakteri mampu menyaerang siapa saja pada usia berapa saja, artinya mulai dari bayi sampai pada usia senja mengingat jenis bakteri ini terdapat dalam kerongkongan setiap manusia yang sehat. Penderita yang memiliki kekebalan tubuh yang menurun dan berkurangnya asupan gizi bagi tubuh bisa saja mengalami penyakit ini. Gejala-gejala yang ditimbulkan seperti badan menggigil, demam tinggi, bibir dan tubuh membiru, nafas terengah-engah, bahkan sampai batuk-batuk yang disertai keluarnya cairan berwarna hijau.
  2. Pneumonia Virus. Pneumonia jenis ini juga sering terjadi karena tubuh juga rentan terinfeksi oleh virus, terutama di saluran pernafasan manusia bagian atas. Pneumonia jenis ini diyakini lebih ringan dan bisa disembuhkan oleh vaksin yang telah tersedia dan jika segera diatasi secara dini. Gejala akan semakin diperparah jika penderita juga sedang terinfeksi virus influenza. Gejala-gejala yang mungkin ditimbulkan diantaranya yakni demam, batuk kering, ngilu di seluruh tubuh, sesak nafas, letih, lesu, kehilangan nafsu makan, berat badan menurun, dan bibir membiru.
  • Pengobatan dan Penanggulangan atau Cara Mengatasinya

Cara yg paling baik untuk mencegah atau mengatasi timbulnya penyakit pneumonia yakni dengan memiliki atau membiasakan gaya hidup sehat. Konsumsi buah, sayur tinggi serat, air putih, istirahat yang cukup, menjaga kondisi dan daya tahan tubuh, dan yang tidak kalah penting adalah pastikan tubuh anda mendapat asupan gizi yang cukup. Selain itu, sebaiknya anda juga menjaga kebersihan lingkungan anda. Seperti telah dijelaskan di atas, bila kita berada di lingkungan orang-orang yang terinfeksi, maka resiko kita tertular juga akan lebih besar. Biasanya, penderita diberikan obat berupa antibiotika yang mencegah penyebaran virus dan bakteri lebih lanjut. Selain itu, terdapat juga beberapa terapi oksigen sebagai alternatif yang bisa digunakan untuk menyembuhkan atau meminimalisir gejala-gejala yang ditimbulkan akibat penyakit pneumonia.

Penyakit Paru-Paru Basah

Semoga kita terhindar dari Penyakit paru-paru basah ini dan yang sedang terjangkit semoga cepat sembuh.

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.