Kesehatan
Kecantikan
Penyakit
Resep
Tips dan trick
Home » Kecantikan

POLA MAKAN SEHAT UNTUK IBU HAMIL

Submitted by on July 4, 2012 – 12:00 amNo Comment

Pola makan sehat untuk ibu hamil – siapa manusia yang ingin sakit? Tentunya, semua dari kita pasti menginginkan tubuh yang sehat dan dijauhkan dari berbagai macam penyakit yang mematikan. Untuk mendapatkan tubuh yang sehat adalah melalui latihan fisik dan membiasakan diri berpola makan yang sehat. Hal ini sebaiknya menjadi kebiasaan yang dilakukan sedini mungkin. Bahkan ketika anda hamil, anda lebih dituntut untuk memiliki pola makan yang sehat. Hal ini dikarenakan kondisi kesehatan ibu akan sangat berpengaruh pada kondisi janin yang sedang dikandungnya.

Makanan yang bergizi, seimbang, dan teratur pada waktu makan merupakan salah satu indikasi dari pola makan yang sehat. Selain mencegah berbagai macam gangguan yang terjadi selama kehamilan, pola makan sehat selama hamil ternyata juga memberikan efek yang positive terhadap kecantikan, memperindah rambut, melindungi diri dari infeksi dan polusi, serta mengurangi tingkat rasa mual dan muntah di pagi hari. Hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah menghindari beberapa bahan/zat tambahan makanan seperti E 123 (amaranth), E 124 (tart razine), E 249 (potasium nitrit), E 250 dan E 251 (sodium nitrit dan nitrat), E 320 (BHA), E 321 (BHT), dan E 621 (monosodium glutamat). Untuk itu, sebaiknya anda mengecek lebel makanan dengan seksama sebelum anda membelinya.

Pola makan yang sehat dituntut untuk mengkonsumsi kandungan-kandungan zat gizi yang diperlukan oleh tubuh kita. Oleh karena itu, berikut akan dijelaskan bagaimana pola makan yang sehat khususnya untuk ibu hamil dan sumber gizi apa saja yang sebaiknya dikonsumsi untuk mempertahankan kesehatan ibu dan pertumbuhan janin.

Pola makan sehat untuk ibu hamil. Beberapa sumber gizi yang Sebaiknya anda konsumsi diantaranya yakni:

  1. Protein. Protein merupakan zat makanan yang berperan sebagai pembentuk tubuh. Kandungan protein dapat diperoleh dari beberapa jenis makanan berikut: ikan, daging, keju, telur, susu, kacang, tahu, tempe, oncom, dan yogurt.
  2. Karbohidrat. Karbohidrat berfungsi sebagai sumber tenaga. Zat makanan ini tentunya sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Kandungan karbohidrat bisa diperoleh dari: serealia (beras, jagung, gandum), umbi-umbian (kentang, ubi, singkong), dan mie atau bihun.
  3. Vitamin A, B kompleks, C, D, dan vitamin E. Vitamin berperan sebagai pengatur metabolisme tubuh kita. Saat hamil, anda sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi dalam jumlah yang cukup beberapa jenis vitamin yang tersebut di atas.
  4. Vitamin A dapat diperoleh melalui minyak ikan, sayuran hijau, kuning telur, dan buah-buahan berwarna kuning kemerah-merahan (pepaya, tomat, wortel, mangga, dan sebagainya).
  5. Vitamin B kompleks berfungsi untuk menjaga sistem syaraf, otot, dan kerja jantung. Kandungan ini dapat diperoleh dari beberapa jenis makanan berikut: biji-bijian, roti, hati, makanan beragi, telur, keju, alpukat, pisang, dan kerang.
  6. Vitamin C berperan untuk mencegah infeksi. Untuk mendapat vitamin C, anda sebaiknya mengkonsumsi buah-buahan seperti jeruk, tomat, kol, dan sayuran hijau.
  7. Vitamin D berperan dalam pertumbuhan dan pembentukan tulang. Kandunagan ini dapat diperoleh dari minyak hati ikan, kuning telur, susu, dan produk susu berfermentasi.
  8. Vitamin E sangat dibutuhkan dalam pembentukan hemoghlobin atau sel darah merah yang sehat. Untuk itu, makanlah kacang-kacangan, minyak sayur, sayuran hijau, alpukat, dan kuning telur.
  9. Mineral. Sumber gizi ini menagndung zat besi, kalsium, dan seng. Kandungan tersebut dapat diperoleh melalui keju, yogurt, sea food, dan kuning telur yang sangat berperan bagi pertumbuhan sel dan kesuburan wanita.

POLA MAKAN SEHAT UNTUK IBU HAMIL

Yang Perlu Anda Hindari:

  • Pil Anti hamil. Saat hamil, anda seharusnya berhenti mengkonsumsi pil anti hamil 3 bulan sebelum anda merencanakan kehamilan dengan suami. Pil hamil akan mengurangi produksi mineral seng dan vitamin B6. Padahal, kedua zat tersebut sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan janin. Itulah sebabnya, mengkonsumsi pil anti hamil sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi selama hamil.
  • Obat Bius. Selain pil anti hamil, pantangan yang kedua yakni mengkonsumsi obat bius. Konsultasikan dengan dokter anda dan usahakan untuk tidak mengkonsumsi pil-pil tersebut di saat anda hamil.

Sudah tahukan sekarang? Apa saja yang disarankan dan apa saja yang dilarang. Nah, maka dari itu bila anda memiliki istri yang sedang hamil, teman perempuan yang sedang haml atau keluarga yang lain yang tengah dalam keadaan mengandung anak. Sangat saya sarankan untuk membagikan artikel berjudul pola makan sehat untuk ibu hamil ini kepada mereka.

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.