Kesehatan
Kecantikan
Penyakit
Resep
Tips dan trick
Home » Zona Hitam

Sandal Jepit Bisa menyebabkan kematian!!!

Submitted by on November 15, 2012 – 7:20 pmNo Comment

Sandal jepit bisa menyebabkan kematian? Percaya atau tidak, mari kita simak penelitian para ahli tentang sandal jepit. Alas kaki apa yang paling sering anda gunakan setiap harinya untuk bersantai di rumah? Pasti sandal jepit akan menjadi jawaban dari sebagian besar respondent yang ditanya. Mayoritas orang menyukai sandal jepit karena mudah dan murah, merakyat untuk semua kalangan, tua ataupun muda, kaya ataupun miskin.

Namun, tahukah anda bahwa ternyata sandal jepit memiliki efek negatif tertentu yang akan mengancam kesehatan? Berikut beberapa alasan yang mendasari mengapa sandal jepit dikatakan dapat membahayakan kesehatan. Sandal jepit tidak berfungsi untuk melindungi kaki. Sandal jepit memang merupakan salah satu jenis alas kaki yang nyaman jika kita gunakan untuk bersantai sehari-hari, namun sandal jepit akan sangat tidak cocok jika digunakan untuk berjalan kaki dalam waktu yang relatif lama apalagi olahraga. Bahkan, seorang pakar medis spesialis tulang dari Mount Sinai School of Medicinedi New York memperingatkan bahwa sandal jepit tidak bisa memberikan topangan dan perlindungan yang cukup aman pada kaki sehingga beberapa kemungkinan yang membahayakan bisa saja terjadi seperti kaki tergelincir.

Beberapa bahaya yang dapat mengancam akibat penggunaan sandal jepit yang bisa saja anda alami jika anda menggunakan sandal jepit untuk berjalan dalam waktu yang lama, berlari, atau berolahraga di medan yang terjal, seperti diantaranya: dapat menimbulkan rasa nyeri pada telapak kaki, kuku terlepas, terkilir pada pergelangan kaki, pinggang bahkan punggung, paparan sinar UV menjadi lebih luas pada permukaan kaki, dan sebagainya.

Tips memilih dan memakai sandal jepit dengan tepat, aman, dan nyaman.

Dari beberapa penjelasan diatas, bukan berarti anda harus menghindari dan dilarang keras untuk beralaskan sandal jepit. Terdapat pula beberapa hal yang patut anda pertimbangkan jika anda menggunakan sandal jepit secara aman. Berikut beberapa diantara tips nya:
1. Gunakan sandal jepit dengan kualitas bahan yang bagus sehingga kemungkinan lecet pada kaki menjadi lebih kecil.
2. Pastikan beberapa ikatan pada sandal jepit kuat dan tidak mudah lepas, jangan sering memaksa untuk menekuk-nekuk sandal jepit agar tetap awet.
3. Pastikan ukuran sandal jepit yang anda pakai tidak lebih kecil dari ukuran kaki anda.
4. Hindari memakai sandal jepit dalam waktu yang lama.
5. Jangan berolahraga dengan beralaskan sandal jepit.
6. Ganti sandal jepit yang telah anda pakai dalam waktu yang cukup lama.
7. Selalu utamakan kesehatan dan keamanan kaki anda.
8. Jangan memasang alat-alat yang berbahaya pada sandal jepit untuk memperbaikinya (seperti paku dsb), sebaiknya anda ganti saja dengan sandal jepit yang masih baru dari pada membahayakan anda di kemudian hari.

Pemakaian sandal jepit dalam waktu yang lama sangatlah berbahaya, bahkan bahayanya melebihi dari sepatu hak tinggi. Hal ini dikarenakan memakai sandal jepit akan merubah cara berjalan anda, sehingga saat kita melangkah menggunakan sandal jepit secara tidak sadar anda memberikan tekanan yang lebih pada bagian luar kaki dari pada bagian tumit. Dalam waktu yang lama kerusakan cara berjalan kita akan meningkatkan resiko serangan penyakit jantung.

Tidak hanya serangan jantung, sandal jepit yang sudah anda gunakan selama 4 tahun merupakan tempat bersembunyinya bakteri yang bernama staphylococcus aureus. Staphylococcus aureus adalah bakteri mematikan yang dapat tinggal dan berkembang biak pada karet sandal jepit anda. Apabila ada luka pada kaki anda dan kemudian bakteri ini masuk kedalam luka anda maka dipastikan anda akan mati jika tidak segera ditangani dengan serius. Itulah bahaya sandal jepit yang sering anda pakai. Semoga bermanfaat!

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.