Kesehatan
Kecantikan
Penyakit
Resep
Tips dan trick
Home » Kecantikan

Vitamin Untuk Kulit Sehat dan Cerah

Submitted by on March 24, 2012 – 12:38 amNo Comment

Vitamin untuk kulit – Vitamin A, B, C dan E. Setiap orang pasti mendambakan kulit kencang, wajah halus dan mulus tanpa kerut. Nah, tahukah anda bahwa untuk mendapat semua itu? Vitamin adalah jawaban yang tepat! Seperti yang telah kita ketahui, vitamin adalah zat yang sangat dibutuhkan tubuh agar semua bagian dari tubuh tetap berfungsi dengan optimal, tentunya termasuk juga kerja dari sel-sel kulit. Untuk mendapat asupan vitamin yang cukup kita bisa mendapatkannya lewat makanan. Alternatif lainnya adalah melalui tambahan suplemen. Untuk kulit, tambahan suplemen ini bisa ditambahkan secara diminum maupun berupa kosmetik yang dapat dioleskan pada permukaan kulit. Berikut ini adalah Vitamin untuk kulit yang sangat berguna menjaga kesehatan kulit anda.

Vitamin A
Fungsi utama vitamin A pada proses penyehatan kulit adalah mendukung perkembangan dan regenerasi sel-sel kulit. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan kulit kering dan bersisik. Produk-produk vitamin A merangsang pembelahan sel pada kulit bagian atas dan meningkatkan fungsi sel-sel yang melindungi kulit. Sebagian besar vitamin A ini dikemas dalam bentuk vitamin yang siap pakai dan pelembab kulit dengan pelindung Ultraviolet bagi kulit yang kering. Saripati dari vitamin ini dikenal dengan nama Retin A, maupun Retinol/Retinoid. Bahan ini kerap dijumpai pada produk-produk perawatan kulit karena manfaatnya untuk meluruh kan kulit mati, sehingga sesuai untuk kulit yang berkerut (lapisan kulit atas luruh hingga yang nampak lapisan kulit bawah yang lebih segar), dan juga kulit berjerawat (kandungan asamnya membuka sumbatan yang ada pada pori-pori kulit).

Vitamin B
Fungsinya untuk menjaga kelembaban dan meregenerasikan kulit. Zat Panthenol yang dihasilkan dari vitamin B adalah satu-satunya zat dari vitamin yang dapat dioleskan pada bagian luar kulit, dan dapat diserap sampai lapisan kulit bagian dalam. Manfaatnya adalah menjaga keseimbangan sekaligus menjaga kelembaban, sehingga efeknya menyeimbangkan dan menjaga kelembaban kulit. Karena sifatnya yang lembut dan mampu memperbarui jaringan sel kulit, juga efeknya yang ringan di sinar matahari, maka tidaklah mengherankan jika vitamin ini sering dikemas dalam produk-produk perawatan kulit harian maupun malam hari (Day cream dan Night cream).

Vitamin untuk kulit

Vitamin C
Manfaat utamanya adalah mengurangi kerusakan sel dan menguatkan jaringan kolagen. Sel-sel tubuh kita, termasuk juga sel-sel kulit tiap hari “digempur” oleh zat perusak bernama radikal bebas, yang mana zat tersebut mengandung banyak sinar ultraviolet dari matahari, polusi, bahkan juga stress yang dialami oleh tubuh kita sendiri. Untuk melawan zat radikal bebas tersebut kita membutuhkan vitamin . Vitamin C berfungsi sebagai penangkap zat-zat radikal tersebut (disebut dengan istilah antioksidan) dan melindungi sel-sel kulit dan tubuh. Selain itu vitamin C juga dapat menggerakkan aktivitas sel kulit dan memantau pembentukan jaringan kologen (jaringan yang membuat kulit elastis) serta membantu proses penyembuhan. Vitamin ini biasanya dikemas dalam kapsul kecil, atau dicampur dengan emulsi yang lain karena sifat dari vitamin ini yang rapuh dan mudah terurai.

Vitamin E
Berfungsi sebagai penangkap zat radikal atau anti oksidan dan pelindung kulit. Kekurangan vitamin ini kulit tampak berkerut. Fungsi dari vitamin E sama seperti vitamin C, yaitu sebagai penangkap zat radikal, memperbaiki penuaan dini pada pada kulit serta memperbarui kelembabannya  Kelebihan lainnya adalah vitamin E ini juga memelihara, bahkan meningkatkan tingkat kekenyalan /elastis pada kulit. Ini berarti dengan vitamin E kulit dapat bertahan untuk nampak lebih kencang dan tidak mudah berkerut. Vitamin ini juga mengurangi infeksi karenanya vitamin E ini sangat baik untuk kulit yang sensitif, contoh sensitif pada sengatan matahari. Pada produk-produk pelindung kulit / tabir surya, vitamin ini digunakan sebagai penghalang melawan efek-efek luar yang dapat menyebabkan kekeringan pada kulit.

Semoga artikel tentang vitamin untuk kulit diatas bermanfaat untuk anda.
Salam cinta itu anugrah dari endramaulana.com

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.